Abstract:
SYIFA DEVITA INDIRA ARAHMAN 021118207, Manajemen S1, Manajemen Operasi
“Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada UMKM
Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi” dibawah bimbingan Tutus Rully dan Dion
Achmad Armadi, 2023.
Negara Indonesia merupakan negara yang tidak diragukan lagi karena negara Indonesia
memiliki berbagai jenis kopi berkualitas dan terkenal dengan kelezatan kopinya, dan minum
kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern, bukan sekedar meminumnya, melainkan
bagaimana dan dimana meminum kopi sudah menjadi budaya tersendiri. Konsep kedai kopi
yang unik merupakan ciri bagi pemilik kedai kopi guna untuk mengoptimalisasi pelayanan
dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem antrian dalam upaya
meningkatkan efisiensi pelayanan pada UMKM Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten
Bekasi.
Jenis penelitian eksploratif dengan memanfaatkan data sekunder dan data primer menjadi
basis untuk melakukan analisis dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif, analisis kuantitatif (sistem antrian) dengan model Multi Channel Single
Phase, perhitungan biaya antrian (Trade Off), dan tingkat efisiensi pelayanan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan perbandingan real kondisi,
penambahan satu unit dan penambahan dua unit. Menunjukan untuk hari senggang (Hari
Kamis) dengan menerapkan penambahan satu unit menjadi 2 kasir dan 4 barista sangatlah
baik karena dari segi waktu menunggu pelanggan yang menurun dan total cost yang paling
minimum. Sedangkan untuk hari teramai (Hari Minggu) dengan menerapkan penambahan
satu unit menjadi 2 kasir dan 4 barista sangatlah baik karena dari segi waktu menunggu
pelanggan yang menurun dan total cost yang paling minimum.
Kata Kunci: Sistem antrian, Multi Chanel Single Phase, Trade Off, Tingkat Efisiensi