Abstract:
SITI RAHMADANI, 021118299, Manajemen Pemasaran, Analisis Strategi Pemasaran
Pada Papila Kopi Di Masa Covid-19. Ketua Komisi Pembimbing Ferdisar Adrian,
SE.,MM Dan Anggota Komisi Pembimbing Aditya Prima Yudha, S.Pi., MM. Fakultas
Ekonomi Universitas Pakuan, 2022.
Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern, banyak orang pergi ke coffee
shop bukan hanya karena ingin mencicipi kopi yang khas dari coffee shop tersebut
melainkan untuk menghabiskan waktu dan bersantai dengan rekan-rekannya maupun
dengan keluarga. Namun pandemi covid-19 dan kebijkan pemerintah dalam mengatasi
penyebaran pandemi (penerapan PSBB dan PPKM) menjadi pukulan bagi industri kopi,
khususnya pengusaha coffee shop. Papila Kopi adalah salah satu coffee shop yang ada di
Kota Padangsidimpuan yang mampu bertahan dan tumbuh dimasa pandemi covid-19
memanfaatkan keunggulan digital Marketing dimana pada saat itu banyak sekali UMKM
yang mengalami penurunan penjualan bahkan sampai gulung tikar.
Adapun maksud dan tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis faktor faktor lingkungan eksternal pada Papila Kopi, 2) untuk menganalisis faktor-faktor
lingkungan internal pada Papila Kopi, 3) untyk mengetahui dan menganalisi startegi
pemasaran pada Papila Kopi sehingga mampu bertahan di masa pandemi covid-19.
Penelitian merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel non
probability dengan purposive sampling, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
eksploratif. Metode analisis data menggunakan EFE, IFE, IE, dan SWOT. Hasil penelitian
ini menunjukan EFE dengan total skor 3,20 dan IFE dengan total skor 3,03, apabila
digambarkan dengan matriks IE posisi Papila Kopi berada pada kuadran I yaitu tumbuh
dan membangun. Ini artinya kondisi internal Papila Kopi rata-rata dan respon Papila Kopi
terhadap lingkungan eksternal baik. Dengan kondisi seperti ini Papila Kopi bisa
menggunakan startegi penetrasi pasar dan pengembangan produk dengan meningkatkan
promosi dalam memasarkan produknya, dan juga menciptakan nilai dengan melakukan
inovasi produk atau proses pada pemahaman kebutuhan yang di inginkan konsumen.
Kata kunci : Kopi, Strategi Pemasaran, EFE, IFE, IE, SWOT