Abstract:
Mubarok. 022117100. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan
Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan
Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Tahun 2015-2020. Pembimbing: Buntoro Hari Prasetya dan Retno Martanti Endah
Lestari. 2022.
Corporate Social Responsibility adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan
oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan sekitar di
mana perusahaan itu berada. Semakin tinggi pengungkapan Corporate Social Responsibility
maka akan meningkatkan pembangunan berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan
baik internal maupun eksternal Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan
pengaruh (1) profitabilitas, (2) leverage, dan (3) ukuran Perusahaan terhadap pengungkapan
corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015 – 2020, dan (4) menguji dan
menjelaskan pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan
terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur sektor
industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015 – 2020.
Penelitian Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Corporate Social
Responsibility dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan Manufaktur Sektor
Industri Dasar dan Kimia dengan menggunakan data sekunder dengan metode penarikan
sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data berupa analisis kuantitatif dengan
menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan
menggunakan program Evies 9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan Corporate Social Responsibility. Tidak berpengaruhnya Profitabilitas yang
diproksikan dengan Net Profit Margine dengan Corporate Social Responsibility yang
ditemukan dalam hasil penelitian ini bisa disebabkan oleh perusahaan yang memiliki
profitabilitas yang tinggi belum tentu melakukan pengungkapan CSR karena kemungkinan
perusahaan lebih memfokuskan berorientasi terhadap laba yang dihasilkan. Leverage
berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, berpengaruhnya
leverage yang diproksikan dengan dabt to asset ratio dengan arah pengaruh negatif. Ha ini
dikarenakan perusahaan yang memiliki Leverage yang tinggi ataupun rendah tetap melakukan
pengungkapan CSR karena CSR dianggap dapat memberikan dampak lain seperti image atau
reputasi yang baik di mata konsumen, investor, masyarakat sekitar, dan lain-lain.. Ukuran
Perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini
terjadi dikarenakan perusahaan besar memiliki banyak Stakeholder yang memperhatikan
keadaan dan kinerja perusahaan, sehingga perusahaan akan berupaya untuk meningkatkan
kegiatan tanggung jawab sosialnya serta mengungkapkannya. Secara simultan, profitabilitas,
leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social
responsibillity.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage , Ukuran Perusahaan dan Corporate Social
Responsibility