Abstract:
TASYA AZZAHRA. 022119167. Pengaruh Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Ukuran
Perusahaan dan Leverage Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Dibawah bimbingan : MONANG
SITUMORANG dan SUJATMIKO WIBOWO. 2023.
Manajemen Laba adalah campur tangan dalam proses penyusunan pelaporan keuangan
eksternal untuk memperoleh keuntungan pribadi serta upaya ketentuan perundang-undangan
perpajakan untuk meminimalisir beban pajak. Manajemen laba dihitung dengan melakukan
pengujian secara statistik untuk mendeteksi faktor yang mempengaruhi pergerakan laba. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis pengaruh perencanaan pajak, profitabilitas, ukuran perusahaan
dan leverage pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia pada 2017-2021. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada
perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan menggunakan data sekunder
dan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data kuantitatif
dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis yang
menggunakan E-views versi 10. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa perencanaan
pajak, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.
Sedangkan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif secara signifikan terhadap manajemen laba.
Secara simultan perencanaan pajak, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh
terhadap manajemen laba.
Kata kunci: perencanaan pajak, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, manajemen laba