Abstract:
NINDA KHAERUNNISA. 022117185. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan
Dividen, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan
Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Di bawah bimbingan
: KETUT SUNARTA dan ENOK RUSMANAH. 2022.
Nilai perusahaan merupakan salah satu indikator dari pihak ketiga tentang penilaian
perusahaan secara keseluruhan dengan usulan untuk menyediakan investasi pada perusahaan,
karena jika nilai perusahaan tinggi maka pasar akan percaya bahwa perusahaan tersebut
memiliki kinerja yang baik dan dapat menjamin keberlanjutan kepentingan pemegang saham
di masa depan. Investor menanamkan modalnya dalam bentuk saham dengan tujuan untuk
memperoleh keuntungan ekonomi di masa yang akan datang, sehingga semakin besar
kemampuan suatu perusahaan dalam memperoleh laba maka semakin tinggi pula keuntungan
ekonomis yang dibutuhkan investor yang artinya akan berdampak positif pada peningkatkan
nilai perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan antara lain
corporate social responsibility, kebijakan dividen dan keputusan investasi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate social
responsibility, kebijakan dividen, dan keputusan investasi secara parsial dan simultan terhadap
nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2019. Sampel yang digunakan
sebanyak 27 perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif dengan metode
explanatory survey. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode penarikan
sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien
determinasi, uji t, uji F dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25.
Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil bahwa Corporate Social
Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kebijakan Dividen
tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Keputusan Investasi berpengaruh
signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu
Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi berpengaruh
signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan
Nilai Perusahaan