Abstract:
SYIFA MAULINA. 021118073. Reborn Strategy CV Indratama Anugerah Menghadapi
Tantangan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Indramedia Bookstore). Di bawah
bimbingan : FREDI ANDRIA dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2023.
Sejak pandemi minat baca masyarakat meningkat berdasarkan infografik yang dirilis oleh
digital reader meningkat sebesar 35% akan tetapi penjualan buku menurun. Indramedia
Bookstore merupakan Indramedia Bookstore yang menjual buku – buku pelajaran yang sejak
adanya pandemi mulai mengalami penurunan penjualan hingga saat ini. Indramedia
Bookstore menghadapi berbagai macam tantangan yang muncul sejak adanya pandemi salah
satunya adalah dengan mulai makin berkembangnya digitalisasi sehingga makin banyak
masyarakat yang menggunakan e-book. Sehingga Indramedia Bookstore perlu menetapkan
strategi yang tepat untuk dapat bangkit dari semua tantangan - tantangan yang dihadapi agar
dapat meningkatkan penjualan pada bookstore. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara dan analisis data menggunakan
analisis SWOT, Matriks SWOT dan ANP. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada
ANP dilakukan pembobotan kriteria dan perangkingan untuk selanjutnya didapatkan
prioritas strategi yang menghasilkan 11 strategi pilihan yaitu : (1) Perusahaan memanfaatkan
media sosial sebagai media promosi yang inovatif dan menarik (0.049042), (2) Indramedia
Bookstore menjual produk yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini dan yang
sudah terdaftar pada kementerian pendidikan (0.048945), (3) Memberikan kualitas pelayanan
yang baik (0.047551), (4) Memberikan harga yang terjangkau untuk para konsumen
(0.047316), (5) Menyediakan produk e-book (0.046740), (6) Memaksimalkan penggunaan
fitur-fitur yang ada dalam sosial media dan marketplace (0.045629), (7) Menambah mitra
dengan jasa pengiriman untuk memudahkan pengiriman di berbagai kota (0.044841), (8)
Memperluas pangsa pasar dengan lebih gencar mempromosikan produk secara online
dengan memasang iklan di berbagai macam media online (0.043683), (9) Menambah SDM
dan memberikan job description yang jelas pada setiap pekerjaan (0.043150), (10)
Memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online dengan memanfaatkan
berbagai macam fitur pembayaran dalam proses pembelian produk secara online (0.041927)
dan (11) Melakukan interaksi yang intens dengan pelanggan di sosial media (0.041176).
Kata kunci : Strategi, SWOT, ANP