Abstract:
MIFTAH PAUJI, 021118201. Inovasi Penggabungan Produk Simpati, Kartu As, Dan
Loop Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Pada
Mahasiswa Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Universitas Pakuan). Dosen
Pembimbing: Towaf Totok Irawan, SE., ME dan Doni Wihartika, SPi, MM. 2022.
Penelitian ini seberapa berpengaruh kebijakan yang diambil oleh telkomsel dalam
melakukan inovasi penggabungan produk simPATI, Kartu As, dan Loop terhadap
kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif, dengan responden yang ditentukan berdasarkan purposive
sampling metode nonprobability sampling. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, dan kuesioner. Metode dalam penelitian ini menggunakan SPSS
25. Hasil analisis data penelitian indikator Inovasi Produk (X) didapat hasil rata-rata
yaitu sebesar 81.85, yang terletak pada interval sangat puas, sedangkan indikator
variabel Kepuasan Pelanggan (Y) didapat hasil rata-rata yaitu sebesar 78.2, yang
terletak pada interval puas. Berdasarkan hipotesis, terdapat pengaruh positif antara
Inovasi Produk (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), pengaruh yang positif dan
signifikan terjadi pada indikator X dan Y dengan nilai signifikansi <0.05 yang berarti
Ha diterima dengan H0 ditolak, dengan demikian hasil dari penelitian ini terdapat
pengaruh antara inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Hasil tersebut
menunjukan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh sebesar 28,9 persen
terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan