Abstract:
FITRI OKTAVIANI. 021119220. Comparative Study: Strategi Bersaing Industri Bakso di
Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan
SALMAH. 2023.
Pertumbuhan ekonomi pada industri makanan, tentunya membuat persaingan antar perusahaan
menjadi semakin ketat. Pertumbuhan usaha dibidang pengolahan bakso khususnya di
Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi semakin bertambah, seperti munculnya
perusahaan baru dibidang yang sama. Bertambahnya perusahaan pengolahan bakso pada saat
ini tentu dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang gemar memakan/mengkonsumsi
bakso, strategi bersaing merupakan upaya untuk mendapatkan posisi bersaing yang
menguntungkan dalam sebuah industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
strategi bersaing terkait persaingan antar perusahaan, ancaman pendatang baru, ancaman
produk subtitusi, kekuatan tawar-menawar pemasok serta kekuatan tawar-menawar pembeli
pada perusahaan-perusahaan di industri bakso Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada perusahaanperusahaan yang bergerak di industri bakso Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 14 responden. Sampel dipilih dengan
metode judgement sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksploratif. Metode pengolahan data menggunakan analisis lima kekuatan porter dengan
delphi technique. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari ketiga perusahaan yang
berada di Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi ini untuk Perusahaan Sinar Bahari
menjadi perusahaan yang lebih unggul dalam persaingan pada industri bakso yang memiliki
kategori tinggi dengan skor 3,7526. Selanjutnya di posisi kedua yaitu perusahaan Mekar
Wangi dengan skor 3,7637 berada pada kategori tinggi. Dan terakhir untuk persaingan di
industri bakso yaitu perusahaan Alpin Putra yang berada dalam kategori tinggi dengan skor
3,8651.
Kata kunci: Strategi Bersaing, Lima Kekuatan Porter, Delphi Technique