Abstract:
Inda Sistalia. NPM 021100113. Pengaruh Persaingan Produk Terhadap
Posisi Penjualan Es Krim Wall's Pada PT Sanjayatama Lestari. Dibawah
bimbingan ibu Sri hartini dan ibu Sri Pujawati.
Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam dunia
persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan dituntut hams selaiu siap
akan banyaknya pesaing-pesaing yang muncul sekarang mau pun nanti.dan
setiap pemsahaan hams mampu beroperasi menggunakan strategi p^asaran
yang ^ektif. Sehingga persaingan yang ada mampu dilewati dan produk
yang dihasilkan oleh pemsahaan kita berada dalam posisi pimcak.
PT Sanjayatama Lestari yang beraiamat jalan siaga 1 pasar minggu
Jakarta selatan. PT Sanjaytama lestari memp^an media promosi untuk
produk-produk yang dihasilkan oleh PT Unilever. Penjualan yang dilakukan
tidak saja melalui media TV, Radio, Surat kabar dan selembaran s^a, tet^i
penjualan yang dilakukan yaitu penjualan langsung kepada konsumen
dengan mengadakan b^bagai acara yang telah masuk kepada agenda tetap.
Dengan melakukan penjualan langsung d^at mengetahui reaksi konsumen
terhadap produk yang kita tawarkan. Penjualan ini sangatlah efektif dan
dapat meningkatk^ volume penjualan. Posisi penjulan sangat ditentukan
oleh seberapa besar produk yang dihasilkan dapat teijual dimana setiap
produk mengingnkan posisi puncak atau bintang.
Anlisi yang digunal^ yaitu chis-quer dan BCG (boston consulting
group), setelah melakukan uji koesioner terhadap 100 orang koesioner
didapat hasilnya yaitu Cs hitung adalah 157,01 dan Cs table adalah 28,296
dan uji keretannya adalah 22,38.dan berdasarkan uji chis-quer dengan
X=0,05 Ho ditolak dan Hi di terima dikarenakan nilai Cs 157,01 > Cs 28,296
hal ini berarti ada hubungan antara persaingan produk dan posisi
penjualan.Meskipun berdasarkan pengujian statistik kedua variable tersebut
berhubungan, tetapi tidak erat karena hubungannya hanya 22,38.dan untuk
hasil dari metode beg didapat untuk data presentase es krim untuk industn
adalah 60% untuk es krim walls,27% untuk es krim campina,8% untuk es
krim woddy dan 5% untuk es krim in meiji.dan untuk presentase es krim
pemsahaan didapat sebagai berikut untuk posisi bintang diduduki oleh es
krim paddle pop varian rasacoklat,untuk posisi tanda tanya diduduki oleh es
krim paddle pop varian rasa stawbery ,untuk posisi kambing diduduki paddle
pop varian rasa pelangi dan untuk posisi anjing diduduki oleh paddle pop
varian rasa gummy orean.
Dari hasil analisis diatas,PT Sanjayatama Lestari telah berhasil
melakukan persaingan produk terhadap posisi penjualan dengan baik,dan
telah terbulrii bahwa dengan melakukan persaingan produk dapat juga
berpengamh terhadap posisi penjulan.