Abstract:
Dea Restu Ananda. 021116321. Implementasi Aplikasi Fintech Adiraku Dalam
Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Menggunakan Data Mining (Studi
Kasus Pada Nasabah PT. Adira Finance Cabang Bogor 1 Tajur). Pembimbing Sri Hartini
dan Fredi Andria. 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala apa saja yang
menyebabkan rendahnya pengguna aplikasi fintech Adiraku, bagaimana pemetaan
nasabah potensial dan non potensial dalam penggunaan aplikasi Adiraku, dan bagaimana
efektivitas penggunaan aplikasi Adiraku pada nasabah Adira Finance cabang Bogor 1
Tajur.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif
dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan dan
menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner dan wawancara.
Penentuan sampel menggunakan metode accidential convenience sampling, yaitu
responden yang dijumpai peneliti secara kebetulan di Adira Finance cabang Bogor 1
Tajur dan kuota sampling, pengambilan sampel dilakukan hanya kepada nasabah yang
memiliki handphone android/Ios yang dapat mengakses aplikasi Adiraku. Penentuan
ukuran sampel menggunakan rumus slovin, sehingga menghasilkan 100 responden.
Metode analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis data mining k-means dan
algoritma C 4.5
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala rendahnya penggunaan aplikasi
karena 60% nasabah tidak mengetahui aplikasi Adiraku, 40% nasabah tidak memiliki
rekening bank sehingga tidak bisa melakukan transaksi di aplikasi Adiraku dan 67%
nasabah memilih media pembayaran melalui supermarket (Indomaret / Alfamart)
meskipun harus mengeluarkan biaya transaksi tambahan. Cluster digunakan untuk
mengetahui nasabah potensial dan non potensial dilihat dari karakteristik usia,
pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Hasil pengolahan cluster menunjukan yang
membedakan nasabah potensial dan non potensial yaitu terlihat dari pendidikan dan
pekerjaan sedangkan untuk usia dan penghasilan terlihat dari jawaban yang mendominasi.
Untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi penulis menggunakan TAM
(Technology Acceptance Model) yang terdiri dari kepercayaan, nilai keuntungan,
kemudahan, pengaruh sosial dan niat untuk menggunakan. Setelah dilakukan pengolahan
data ternyata hanya ada 3 yang dapat menentukan efektivitas penggunaan aplikasi
Adiraku yaitu niat untuk menggunakan, kepercayaan dan kemudahan.
Kata Kunci : Aplikasi Adiraku, TAM, K-means, Algoritma C. 45