Abstract:
Sinta Wulandari (021100298). Pcnganih Kualitas Pelayanao dan Kcpuasan
PelanggaD Dalam Meningkatkan Loyalitas Pclanggan Pada PT. Setiajaya
Mobilindo (Toyota)Bogor. Dosen Pcmbimbing utama Bp. Bukti Ginting
SE.MM, dan Co Pembibing Ibu Sri Pujawati SE. MM
Pt. Setiajaya Mobilindo (Toyota) Bogor tnerupakan suatu perusahaan yang
bergerak dalam bidang penjualan unit mobil, suku cadang juga perawaian (service)
kendaraan dimana dalam melakukan kegiatan usahanya perusahaan hams dapat
bersaing dengan pcrusahaan-perusahaan lain yang menawarkan produk sejenls.
Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, PT. Setiajaya Mobilindo
merancang strategi dengan cara memfokuskan diri pada pelanggan, memenuhi
keinginan dan kebutuhan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang berkualitas
dan kepuasan pelanggan. Karena dengan cara itulah pemsahaan dapat terus
bertahan dan berkembang.
Efek dari tingkat pelayanan dan kepuasan pelanggan bukan hanya pada
penjualan jangka pendek saja. lapi akan memberikan pengamh yang besar terliadap
pemsahaan. Yang lebih panting lagi akan dapat mempercepat pengembangan
penerimaan pasar juga dapat meningkatkan kesetiaan konsumen terhadap
pemsahaan melalui "word-qf-mouth "
Dalam upaya meningkatkan pelayanannya PT.Setiajaya Mobilindo
memberikan pelayanan yang berkualitas, meliputi pemberian garansi, penyediaan
suku cadang, pelayanan puma jual, penyediaan teknisi yang andal dan terampil,
keamanan dan kenyamanan dan kesigapan para karyawan dalam membantu dan
menangani keluhan pelanggan.
Berdasarkan hasi! penelitian yang telah dilakukan, konsumen terbesar
pemsahaan adalah pria dengan perseniase sebesar 60%. Apabila dilihat dari segi
usia. temyata sebagian besar bemsia 41-45 tahun28%. Dari segi pendidikan
konsumen terbesar adalah lulusan pasca saijana sebesar 36%.. Dilihat dari segi
pekeijaan. sebagian besar konsumennya adalah karyawan swasta sebanyak 33,14%.
Dari segi pendapatan. konsumen rata-raia terbanyak berpendapatan > Rp.
5.000.000.- setiap bulannya dengan persentase sebesar 38,28%.
Berdasarkan penelitian mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan
pelanggan PT.Setiajaya Mobilindo, maka hasil yang telah diperoleh adalah
pelanggan merasa puas dengan pelayanan-pelayanan yang diberikan. Hal ini dapat
dilihat dari tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat harapan pelanggan.
Faktor-faktor yang menjadi prioritas utama dan harus dilaksanakan
sesuai dengan harapan pelanggan dari indicator kualitas pelayanan adalah
keramahan dan kesopanan karyawan, pelayanan puma jual yang dijanjikan dan
kesigapan karyawan dalam menangani keluhan. Sedangkan faktor yang menjadi
orioritas utarna dari indicator keouasan oelanggan adalah keandalan dan daya tahan
kendaraaan
Analisis Kualitas pelayanan dan kepuasan pclanggan untuk mengetahui
tingkat loyalitas pelanggan dapat dlukur dengan menggunakan analisis Chi-Square
Untuk tingkat kulaitas pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan a= :>%. Dan df= b.
maka nilai kritis yang diperoleh adalah sebesar 11.32 dan X" sebesar 15.34. Hal ini
berarti hitung > tabel maka Ho ditolak dengan tingkat kepercayaan sebesar
95% yang disertai resiko kekeliruan sebesar 5%, berarti ada hubungan antara
kualitas pelayanan terhadap tingkat loyalitas pelanggan berdasarkan frekuensi
kunjungan pada PT.Setiajaya Mobilindo (Bogor).
Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan,
perusahaan juga menggunakan anaiisis Chi-Square.Dengan a= 5%. Dan df= 6
diperoleh nilai krisis sebesar 5,43 dengan X" hitung sebesar 6,59. Dengan
demikian berarti X" hitung > X^ tabel maka Ho ditolak dengan tin^t
kepercayaan sebesar 95% yang disertai resiko kekeliruan sebesar 5%, berarti ada
hubungan antara kepuasan pelanggan terhadap tingkat loyalitas pelanggan
berdasarkan frekuensi kunjungan pada PT.Setiajaya Mobilindo (Bogor).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis selama ini, maka
penulis berkesimpulan bahwa pelanggan PT. Setiajaya Mobilinda pada umumnya
merasa puas dengan yang telah diberikan perusahaan dan merasa loyal terhadap
perusahaan baik dari segi produk maupun dari jasa yang ditawarka perusahaan..
Agar tujuan perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan penulis
menyarankan agar perusahaan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan
kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara terus menerus.