Abstract:
Nama Maliasiswa :HERRY DIBRATA, NPM : 021101316. Jtidul Skripsi :
" Pcngariih Biaya Pcriklanan dan Biaya Promosi Penjtialan Tcrhadap Pcningkatan
Hasil Pcnjiialan Produk Hand Sprayer Pada PT. Golden Agin" . Di bawah
bimbingan :SRI MARTINI dan SRI PUD.IAWATI.
Pada era globalisasi sekarang in! mcmicii pcisaingan indiistri yang semakin
kompetitif. Dcngan kondisi yang dcmikian banyak pcnisahaan yang mengalami
hambatan untuk nienjual dan memasarkan basil prodiiksinya ke pasar sasaran, apalagi
produk yang ditawarkan pcrusaltaan bcrupa handspraycr yang tcrbalas hanya untuk
segmen pasar tcrtentu. Untuk menghadapi permasalahan tcrscbut maka PT. Golden Agin
dalam mempcrtaiiankan hidupnya perusahaan menibiiat suatu strategi mengenai kegiatan
perikianan dan kegiatan promosi penjuaian untuk menarik minat konsumen.
Adapun lujuan dilakukannya penelilian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui seberapa besar biaya perikianan yang dikeiuarkan pada PT
Golden Agin
2. Untuk mengetahui seberapa besar biaya promosi penjuaian pada P1" Golden Agin
3. Untuk mengetahui pengaruh biaya perikianan dan biaya promosi penjuaian
tcrhadap peningkatkan hasil penjuaian produk hand sprayer pada PT. Golden
Agin
Dari hasil perhilungan analisis regresi linier berganda. koelisicn korclasi, scrta
koellsicn deierminasinya dapat dikelahui bahwa pcrsanuian regresinya adalah sebagai
berikut:
Y = 60.266.331 + XI + 14.% X2. Diniana a = 60.266.331 arlinya kalau biaya
pcriklanan dan biaya promosi penjuaian konslan, maka penjuaian hanya sebcsar Rp.
602.663.310.000,00; bl = 258,09 artinya apabila biaya promosi penjuaian konstan, maka
setiap kenaikan biaya perikianan sebcsar Rp. 1.000.000.00 akan mcningkatkan penjuaian
sebesar Rp. 258.150.266.331; b2 = 14,96 artinya apabila biaya pcriklanan konstan, maka
setiap kenaikan biaya promosi penjuaian sebesar Rp. 1.000.000,00 akan mcningkatkan
penjuaian sebesar Rp. 15.020.266,331; dan jika ada pcningkatan biaya pcriklanan dan
biaya promosi penjuaian sebesar masing-masing Rp. 1.000.000,00. maka penjuaian akan
naik sebcsar Rp. 273.110.266,331. Adapun dari hasil perhitungan korelasi berganda
untuk biaya perikianan dan biaya promosi penjuaian dengan penjuaian adalah sebesar
0,696. Hal ini bahwa nilai r mendekati + I, berarti hubungan antara biaya perikianan dan
biaya promosi penjuaian mempunyai hubungan yang positif dan kuat, artinya jika
penetapan biaya perikianan dan biaya promosi penjuaian naik, maka akan mcningkatkan
hasil penjuaian. Sedangkan untuk besamya nilai dari koellsicn determinasi (CD) adalah
sebesar 48,44%.Dengan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 48,44%, ini berarti
kontribusi untuk biaya perikianan dan biaya promosi penjuaian tcrhadap peningkatan
hasil penjuaian adalah sebesar 48,44% dan sisanya sebesar 51,56% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lainnya. Adapun pengujian tcrhadap koellsicn korelasinya dengan
membandingkan nilai t hitung dengan nilai t label dengan taraf nyata sebesar 0,05 dimana
menurut hasil perhitungan diketahui nilai t hitung yang kita dapatkan sebesar 3,571,
sedangkan pengujian pada taraf nyata 5% atau pada tingkat keyakinan 95% dengan nilai t
label sebesar 1,8595. Dengan dcmikian dapat diketahui nilai t hitung = 3,571 > t label =
1,8595, maka hipotesis nol (Mo) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa biaya perikianan
dan biaya promosi penjuaian memberikan pengaruh positif tcrhadap pcningkatan hasil
penjuaian produk handsprayer pada PT. Golden Agin.