Abstract:
Nama Mahasiswa :IIFJU{Y DIBRATA, NPM : 02II013I6. Judiil Skripsi :
" Pcngaruh Biaya Pcriklanan dan Biaya Promosi Pcnjtialan Tcrliadap Pcningkatan
Masil Penjiialan Prodiik Hand Sprayer Pada PT. (ioldcn Agin" . 1)1 bawah
bimbingan :SRI HARTINI dan SRI PUDJAWATI.
Pada era globalisasi sekarang ini mcmicu pcrsaingan induslri yang semakin
kompetitif. Dengan kondisi yang dcmikian banyak pcriisahaan yang mengalami
hambatan untuk nienjual dan memasarkan basil produksinya ke pasar sasaran, apalagi
produk yang ditawarkan perusahaan bcrupa handsprayer yang tcrbalas hanya untuk
segmen pasar tertentu. Untuk menghadapi permasalahan terscbut maka PT. Golden Agin
dalam mcmpcrtabankan hidupnya perusabaan menibuat sualu slralegi mengenai kegiatan
periklanan dan kegiatan promosi pcnjualan untuk mcnarik minat konsumen.
Adapun tujuan dilakukannya pcnelitian ini adalab sebagai berikut:
1. Untuk mengetalnii soberapa besar biaya periklanan yang dikeluarkan pada PT
Golden Agin
2. Untuk mengetalnii soberapa besar biaya promosi penjiialan pada PT Golden Agin
3. Untuk mengelaliui pengarub biaya periklanan dan biaya promosi penjiialan
terbadap peningkatkan basil penjiialan produk band sprayer pada PT. Golden
Agin
Dari basil perbitimgan analisis regresi linier berganda. koellsien korclasi, serta
koefisien determinasinya dapat dikctabui babwa pcrsamaan regrcsinya adalab sebagai
berikut:
Y = 60.266,331 + 258,09 XI + 14,96 X2. Dimana a = 60.266.331 artinya kalau biaya
pcriklanan dan biaya promosi penjiialan konstan, maka pcnjualan banya sebesar Rp.
602.663.310.000,00; bl = 258,09 artinya apabila biaya promosi penjiialan konstan, maka
setiap kenaikan biaya periklanan sebesar Rp. 1.000.000,00 akan meningkalkan pcnjualan
sebesar Rp. 258.150.266.331; b2 = 14,96 artinya apabila biaya periklanan konstan, maka
setiap kenaikan biaya promosi penjualan sebesar Rp. 1.000.000.00 akan meningkatkan
penjualan sebesar Rp. 15.020.266,331; dan jika ada pcningkatan biaya periklanan dan
biaya promosi pcnjualan sebesar masing-masing Rp. 1.000.000,00, maka penjualan akan
naik sebesar Rp. 273.110.266,331. Adapun dari basil perbitimgan korclasi berganda
untuk biaya periklanan dan biaya promosi pcnjualan dengan penjualan adalab sebesar
0,696. Hal ini babwa nilai r mendckati + I, berarti hubungan anlara biaya periklanan dan
biaya promosi penjualan mempunyai hubungan yang positif dan kuat, artinya jika
pcnetapan biaya pcriklanan dan biaya promosi penjualan naik. maka akan meningkatkan
basil penjualan. Sedangkan untuk besamya nilai dari koefisien determinasi (CD) adalab
sebesar 48,44%.Dengan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 48,44%. ini berarti
kontribusi untuk biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terbadap pcningkatan
basil penjualan adalab sebesar 48,44% dan sisanya sebesar 51,56% dipcngaruhi oleb
faktor-faktor lainnya. Adapun pengiijian terbadap koefisien korelasinya dengan
membandingkan nilai t bitung dengan nilai t tabel dengan tarafnyata sebesar 0.05 dimana
menurut basil perbitimgan diketabui nilai t bitung yang kita dapalkan sebesar 3,571,
sedangkan pengujian pada tarafnyata 5% atau pada tingkat kcyakinan 95% dengan nilai t
tabel sebesar 1,8595. Dengan demikian dapat diketabui nilai t bitung = 3,571 > t tabel =
1,8595, maka bipotesis nol (Mo) ditolak. Jadi dapat disimpulkan babwa biaya periklanan
dan biaya promosi penjualan memberikan pengarub positif terbadap pcningkatan basil
penjualan produk handsprayer pada PT. Golden Agin.