Abstract:
Aulia Octaviani. NPM 021115368. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Hubungan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen Pada Khei Wedding Organizer.
Pembimbing : Sri Hartini dan Nizam M. Andrianto. Tahun 2020
Khei Wedding Organizer mengalami kondisi dimana jumlah konsumen yang fluktuatif
bahkan cenderung menurun dan pendapatan relialisasi tidak sesuai dengan jumlah event yang
dilakukan Khei Wedding Organizer. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah
terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Khei Wedding
Organizer. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian
explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel
menggunakan metode simpel random sampling dengan jumlah 100 responden yang dihitung
menggunakan slovin.
Hasil dari tanggapan responden pada kualitas pelayanan yaitu sebesar 76,68% artinya
bahwa kualitas pelayanan pada Khei Wedding Organizer dikatakan baik dan variabel
kepuasan konsumen yaitu sebesar 76,2% artinya bahwa kepuasan konsumen pada Khei
Wedding Organizer dikatakan baik. Hasil analisis korelasi Spearman Rank yaitu sebesar
0,720 yang artinya terdapat hubungan yang kuat pada kualitas pelayanan dengan kepuasan
konsumen. Adapun nilai signifikansi yaitu 0,000<0,05 hal itu menunjukkan bahwa hipotesis
yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
konsumen diterima (Ha diterima).
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen