Abstract:
SALSABILLA CAHYANI SUBQI, NPM 021118232, analisis sistem antrian untuk
meningkatkan efisiensi pelayanan pada puskesmas Kelapa Nunggal. Di bawah
bimbingan: IBU TUTUS RULLY dan BAPAK DION ACHMAD ARMADI. 2022.
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari peran serta orang lain, juga
didukung dengan jumlah manusia itu sendiri yang terus mengalami kenaikan setiap
tahunnya khususnya di kabupaten bogor, yang mengakibatkan banyak industri atau
perusahaan di dalam berbagai bidang terutama dalam bidang jasa yang didirikan untuk
membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Bidang kesehatan ditetapkan
sebagai salah satu kewenangan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, maka pemerintah
daerah berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, berbagai inovasi dilakukan
agar kualitas pelayanan kesehatan dapat meningkat. Pemberian pelayanan kesehatan
pemerintah kepada masyarakat dapat dilakukan melalui organisasi penyelenggara pelayanan
kesehatan terendah dan yang paling dekat dengan masyarakat yaitu Puskesmas.
Antrian merupakan orang-orang atau berupa barang yang sedang menunggu untuk dilayani,
karena banyaknya jumlah permintaan terhadap fasilitas pelayanan dan kurangnya
kemampuan untuk melayani. Hal ini terjadi pada puskesmas Kelapa Nunggal yang dimana
disana terdapat penumpukan untuk menunggu dilayani pada fasilitas loket registrasi yang
dimana waktu pelayanan melebihi waktu standar yang telah ditetapkan puskesmas Kelapa
Nunggal yaitu selama 5 menit.
Penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah loket registrasi yang tepat agar menghasilkan
pelayanan yang efisien dari segi waktu maupun biaya pada puskesmas Kelapa Nunggal.
Metode yang digunakan adalah metode multi chanel-multi phase yang dapat digunakan
untuk mengetahui jumlah loket yang tepat agar bisa meminimumkan biaya dan waktu antrian
di puskesmas Kelapa Nunggal dengan menggunakan data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat alternative jika dipertimbangkan dari waktu rata-rata
menunggu dan dari total biaya yang dikeluarkan, maka dengan menambah menjadi 3 loket
registrasi dapat mencapai standar waktu pelayanan yang telah ditetapkan yaitu selama 5
menit dan menghasilkan total biaya yang rendah.
Kata Kunci : Sistem antrian, Efisiensi Pelayanan, dan multi chanel multi phase