Abstract:
ESA 021117253. Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Business Model Canvas dan
Analisis SWOT Pada Bisnis Alas Kaki CV Indra Jaya Ciomas Bogor. Dibawah bimbingan: HARI
MUHARAM dan EKA PATRA. 2023.
Perusahaan harus memiliki strategi untuk dapat bersaing di pasar bisnis.. Pendekatan
Business Model Canvas dan analisis SWOT dianggap sebagai kombinasi metode yang cocok
digunakan dalam usaha CV Indra Jaya tersebut, karena analisis SWOT dapat digunakan
untuk menganalisa setiap kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari 9 blok bangunan
dasar Business Model Canvas awal yang dimiliki oleh CV Indra Jaya, yang kemudian akan
dibentuk suatu strategi pemasaran baru guna meningkatkan pemasaran pada CV Indra Jaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan penelitian kualitatif. Metode penarikan sampel menggunakan non probabilitas
sampling dengan metode non-probabilitas atau ditentukan sendiri oleh peneliti secara
purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua tahapan, yaitu
menggunakan Business Model Canvas selanjutnya dilakukan proses pengolahan data dengan
menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini memberikan solusi yang dapat digunakan
oleh CV Indra Jaya Ciomas Bogor dengan menerapkan Strategi SO, yaitu strategi
berdasarkan pada kekuatan dan peluang. Strategi ini menandakan bahwa CV Indra Jaya
Ciomas Bogor dalam kondisi yang kuat dan berpeluang, sehingga sangat dimungkinkan
untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara
maksimal.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Business Model Canvas, dan SWOT