Abstract:
MALIK IBRRAHIM. 021118347. Strategi SWOT Untuk Meningkatkan
Kunjungan Wisata (Studi Kasus Kolam Renang Sindang Gendis di Cibungbulang).
Dibawah bimbingan HARI MUHARAM dan BAYU DWI PRASETYO. 2023.
Perkembangan globalisasi membawa dampak yang besar pada berbagai sektor,
tak terkecuali industri parawisata. Sehingga diperlukan strategi tertentu dalam
mengahadapi perkembangan globalisasi akibat dampak pandemi. Analisa SWOT
diantara beberapa analisa lainnya yang dapat digunakan untuk menentukan strategi
pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis lingkungan eksternal dan
internal perusahaan pada kolam renang Sindang Gendis agar dapat terus berkembang
serta memenangkan persaingan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi dan studi pustaka. Metode pengolahan data menggunakan tahapan-tahapan
manajemen strategi dengan menggunakan Matriks EFE, IFE, IE, Grand Strategy,
SWOT.
Hasil penelitian analisis strategi pemasaran objek wisata pada kolam renang
Sindang Gendis menghasilkan hasil analisis matriks IE dan Grand Strategy kolam
renang Sindang Gendis pada kuadran I, dengan hasil perhitungan matriks EFE 3,17
dan matriks IFE 3,08.
Kata Kunci: EFE & IFE, IE, Grand Strategy, SWOT