Abstract:
DANDI ANDRIANSYAH. 021119045. Efektivitas Penggunaan Kolom
Komentar Twitter Sebagai Media Promosi Dengan Pendekatan EPIC Model (Studi:
Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Dibawah Bimbingan SRI
HARTINI dan BAYU DWI PRASETYO. 2023.
Promosi merupakan upaya untuk meningkatkan visibilitas merek, produk, atau
jasa suatu perusahaan. Promosi dilakukan dengan cara mengkomunikasikan produk atau
jasa dengan konsumen melalui berbagai media dengan tujuan untuk menarik konsumen
dan mengingatkan konsumen akan suatu produk atau jasa dan untuk membangun citra
perusahaan di mata konsumen. Salah satu media untuk melakukan kegiatan promosi
adalah kolom komentar twitter. Dengan jumlah pengguna yang banyak dan luas
memungkinkan media kolom twitter untuk menjangkau banyak orang dan meningkatkan
efektivitas promosi.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan
kolom komentar twitter sebagai media promosi dan untuk memberi saran, masukan dan
informasi kepada pelaku usaha yang menggunakan kolom komentar Twitter dalam
melakukan promosi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah Mahasiwa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 96 sampel dengan menggunakan non probability sampling.
Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan mengunakan EPIC Model.
Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model (Emphaty,
Persuasion, Impact, Communication) menunjukan bahwa kolom komentar Twitter
sebagai media promosi secara keseluruhan dinilai (efektif) dengan perolehan EPIC Rate
secara keseluruhan yaitu sebesar 3,83. Dengan skor dari indikator Emphaty sebesar 3,67
(efektif), indikator Persuasion sebesar 3,85 (efektif), indikator Impact sebesar 3,92
(efektif) dan indikator Communication sebesar 3,90 (efektif).
Kata Kunci: Efektivitas Promosi, Kolom Komentar Twitter, EPIC Model.