Abstract:
Ahlis Himam. 021115417. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online
Shop Dominc And Tabs Bogor. Skrips Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing
Oktori Zaini Kiswati Dan Anggota Komisi Pembimbing Salmah. Tahun 2021.
Industri 4.0 yang mana kemajuan teknologi dapat merubah seluruh rantai manajemen di setiap
cabang industri. Ekonomi global semakin maju serta didukung dengan adanya kemajuan teknologi
yang begitu cepat dan semakin mutakhir sehingga membuat terciptanya perekonomian digital yang
kian pesat. Pada tahun 2015, 10 negara ASEAN dan salah satunya dalah Indoneisa sepakat
membangun Masyarakat Ekonom ( ASEAN Economic Community) untuk berintegrasi menjadi salah
satu kawasan ekonomi dan pasar terbesar di dunia. Berdasarkan total populasi di Indonesia tahun 2020
yang mencapai 272,1 juta jiwa dengan jumlah pengguna internet di tahun 2020 mencapai 175,4 juta
jiwa menunjukan bahwa 64% jumlah penduduk di Indonesia telah terhubung dan mengakses dunia
internet atau dunia maya. Persentase pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang memiliki
masing-masing jenis perangkat, di antaranya mobile phone (96%), smartphone (94%), nonsmartphone mobile phone (21%), laptop atau komputer desktop (66%), table (23%), konsol game
(16%), hingga virtual reality device (5,1%).
Instagram merupakan salah satu patform yang digunakan untuk berinteraksi dan
berkomunikasi secara daring serta banyak masyarakat yang menggunaan media sosial instagram untuk
berjualan dan berbelanja secara online, yang dirilis Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020,
pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna. Pencapaian itu
merupakan peningkatan dari bulan ke bulan atas penggunaan platform berbagi foto ini. Pada Januari
tercatat sekitar 62,23 juta pengguna, lalu naik pada Februari menjadi 62,47 juta pengguna. Kemudian
di bulan berikutnya (Maret) penggunanya semakin membeludak dan mencapai 64 juta pengguna.
Selang sebulan kemudian diperoleh Dominic And Tabs pengguna yang mencapai 65,7 juta, hingga
ditutup pada Mei dengan catatan 69,2 juta pengguna.
Penelitian ini dailkukan untuk mengetahui strategi yang digunakan online shop Dominic And
Tabs saat ini dan untuk mengetahu formulasi strategi pemasaran yang perlu dikembangkan oleh
Dominic. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat delapan strategi pemasaran yang sedang
dikembangkan oleh Dominic And Tabs, salah satunya dalah pemberian gratis ongkir, sedangkan hasil
analisis pada Matriks IE menunjukan bahwa Dominic And Tabs berada pada kuadran V yang mana
strategi yang dikembangkan adalah Hold and Maintaince.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Online Shop