Abstract:
IQBAL IBRAHIM APANDI. 021115386. Analisis Strategi Pemasaran pada
Produk Packing Box (Studi Kasus: Cv Rahayu Putra). Di bawah bimbingan :
YETTY HUSNUL HAYATI dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2021
Industri pengolahan kayu di Indonesia merupakan barometer peningkatan
perekonomian nasional dan faktor kunci dalam upaya meningkatkan penerimaan Negara
dari sektor kehutanan. Perusahaan CV Rahayu Putra bergerak di industri pengolahan kayu,
CV Rahayu Putra adalah Supplier PT Asahimas Flat Glass Tbk. Produk yang dibuat oleh
CV Rahayu Putra yaitu Packing Box. Bahan baku utama untuk membuat Packing Box ini
adalah kayu, yang terdiri dari beberapa jenis kayu, seperti kayu Sopsi, Mahoni, Jati Putih
dan Buah. Perusahaan CV Rahayu Putra untuk meningkatkan penjualan harus melakukan
strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan pelaku usaha sejenisnya. Tujuan
dari penelitan ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan untuk
mengetahui analisis strategi pemasaran pada Packing Box CV Rahayu Putra.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, . Pemilihan responden dilakukan
dengan metode purposive sampling dengan responden bagian pemasaran dan bagian
manajemen pada CV Rahayu Putra yang berjumlah 10 orang pegawai Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dan o b s e r v a s i d a n s t u d i p u s t a k a Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa hasil Analisis matriks EFE dengan total nilai 3,0859, dan
matriks IFE dengan total nilai 3,4083, apabila digambar dengan matriks IE posisi
perusahaan berada pada kuadran 1 yaitu Growth and Build. . Strategi yang cocok untuk
zona ini yaitu intensif atau integrasi.
Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu dengan menambah pekerja yang
berpengalaman dalam bidang pembuatan packing box agar dapat mempercepat proses
pembuatan packing box sehingga mampu memenuhi permintaan produk yang terus
meningkat. Strategi WO yaitu dengan Mengelola keuangan secara efisien agar tidak
mengalami keterbatasan modal karena keuntungan CV Rahayu Putra yang diperoleh dari
hasil penjualan packing box dari PT Asahimas cukup besar.. Strategi WT yaitu
Membangun gudang agar packing box dapat disimpan sebelum melakukan pengiriman,
sehingga produk packimg box tidak terkena hujan dan produk pun akan tetap berada dalam
keadaan baik. Strategi ST yaitu melakukan pelatihan kepada pekerja yang kurang
berpengalaman agar semua pekerja CV Rahayu Putra kompeten sehingga bisa bersaing
dengan supplier lama yaitu PT Osasaha dan PT Jaya Abadi dan juga bisa bersaing dengan
competitor baru yaitu CV Dirga Surya
Kata kunci : Strategi Pemasaran, packing
box