Abstract:
ARIO WIRATAMA SAPUTRA. 021116336. Analisis Strategi Pemasaran Produk
Departemen Tour Pada Jatra Tour and Travel. Di bawah bimbingan : SRI HARTINI dan
SALMAH. 2020.
Pariwisata dan rekreasi telah menjadi unsur penting dalam kehidupan
masyarakat modern. Kebutuhan ini begitu diperhatikan oleh perusahaan di bidang pariwisata
sehingga bermunculan banyak Biro Perjalanan Wisata. Persaingan dibidang tour dan travel
Indonesia, diperketat dengan bermunculan Online Travel Agencies. Berdasarkan
fenomena, penulis tertarik untuk meneliti kejadian yang menimpa perusahaan Jatra Tour &
Travel tersebut sekaligus menganalisis penurunan penjualan yang terjadi pada tahun 2018
hingga 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif mengenai strategi pemasaran
produk Jatra Tour & Travel, dengan responden individu yang paham mengenai strategi
pemasaran perusahaan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling
(proses pemilihan responden didasarkan kriteria yang layak sesuai dengan permasalahan
yang diteliti (para pembuat keputusan strategi) dengan banyak sampel 6 responden.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dan metode
pengolahan data menggunakan Matriks EFE, IFE, SWOT, IE dan QSP.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan tabel QSPM, diketahui bahwa
masing-masing alternatif strategi mempunyai Total Attractive Score (TAS) yang berbeda.
Strategi Market Penetration memiliki jumlah TAS sebesar 6,358. Strategi Product
Development memiliki jumlah TAS sebesar 5,941. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa
strategi yang memiliki jumlah TAS terbesar adalah Strategi Market Penetration. Hal ini dapat
diartikan bahwa strategi alternatif yang tepat untuk meningkatkan market share dari produk
MICE yang ada saat ini pada pasar yang ada melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih
gencar.
Kata kunci : Analisis strategi, Biro Perjalanan Wisata, pemasaran