Abstract:
SITI NURJANAH. NPM 021116398. Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food
(Studi Kasus CV.Sakana). Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran.
Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah Bimbingan SRI HARTINI dan ARIE
WIBOWO IRAWAN Tahun 2020.
Zaman yang semakin berkembang banyaknya perempuan memiliki kesibukan
diluar dan berubahnya pola hidup yang dimana manusia membutuhkan makanan
beku yang menjadi kebutuhan, sangat membantu bagi masyarakat untuk
mempermudah. Maka CV.Sakana ini mengeluarkan produk makanan beku berupa
nugget, sosis, ikan, daging sapi, daging ayam dan lain-lain. Tujuan penelitian untuk
memperoleh data dan informasi dari CV.Sakana tentang hal-hal yang berhubungan dengan
strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing khususnya pada Frozen Food yang
penjualan dan pendapatannya mengalami penurunan dalam 1 tahun terakhir dan
pengaplikasian strategi yang tepat untuk memecahkan masalah yang ada pada CV.Sakana.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif
eksploratif dengan jenis data kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi
pemasaran pada CV.Sakana. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dan primer.
Hasil analisis strategi pemasaran CV.Sakana berdasarkan hasil analisis EFE
diperoleh faktor peluang dengan nilai tertinggi adalah bertambahnya potensi pasar sebesar
0,6222. Sedangkan pada faktor ancaman yang paling tinggi adalah pertumbuhan perang
harga 0.6984. Berdasarakan matriks IFE diperoleh faktor kekuatan tertinggi adalah
mempunyai produk yang ditawarkan beragam dengan nilai sebesar 0,7718 sedangkan dari
skor pada faktor kelemahan tertinggi adalah manajemen perusahaan masih sederhana dengan
nilai sebesar 0,1712. Berdasarkan matriks IE, CV. Sakana berada pada kuadran II yaitu
adalah growth and build. Berdasarkan matriks SWOT, CV.Sakana dapat strategi yaitu
dengan melakukan penetrasi pasar, melakukan inovasi produk, memulai penjualan secara
online serta memperbaiki kualitas kinerja karyawannya dan meningkatkan kualitas serta
kuantitas produksinya. Berdasarkan Matriks SWOT, strategi SO yaitu bertujuan untuk
mempermudah konsumen membeli produk dan menjamin kualitas terhadap produk
yang ditawarkan mendapatkan lebih banyak konsumen, strategi WO yaitu bertujuan
untuk pengoptimalkan pemasaran produk dan mengeftikan dana dan sarana produksi,
memperkecil kelemahan- kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan
peluang-peluang eksternal dan meningkatkan inovasi dalam penampilan produk.
Startegi ST yaitu dengan membuat produk berkualitas dan harga yang ekonomis agar
dapat bersaing dengan produk subtitusi serta dapat bersaing dengan kompotitor.
Strategi WT yaitu melakukan mengefektifkan kegiatan produksi, dan memperbaiki
kualitas dan keterbatasan SDM agat agar tidak khwatir dengan ancaman pendatang
baru. Berdasarkan Matriks SPACE posisi CV.Sakana berada pada posisi II
CV.Sakana berada pada posisi kompetitif.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, EFE & IFE, IE, SWOT, SPACE