Abstract:
KALAM WIRA BUANA 021117026, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem
Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Cibinong Di Masa
Pendemi” di bawah bimbingan Jaenudin dan Dion Achmad Armadi. 2021.
Pelayanan dibidang jasa seperti kantor kecamatan yang merupakan suatu intitusi
pelayanan sosial dari perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan kebutuhan sosial
di tengah masyarakat tetapi masalah seperti sistem antrian sering terjadi. Antrian merupakan
situasi barisan tunggu dimana jumlah kesatuan fisik (pendatang) sedang berusaha untuk
menerima pelayanan dari fasilitas terbatas (pemberi layanan), sehingga pendatang harus
menunggu beberapa waktu dalam barisan agar mendapatkan giliran untuk dilayani. Seperti
yang terjadi di Kantor Kecamatan Cibinong pada pelayanan loket 1, terjadi antrian dan waktu
pelayanan melebihi standar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai kinerja sistem antrian serta efisiensi
waktu pelayanan di Kantor Kecamatan Cibinong dengan menggunakan metode Single
Channel Multiple Phase, pehitungan biaya antrian (Trade Off), dan analisis 5W+1H.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelayanan yang paling efektif setiap harinya
adalah menggunakan 2 loket, dengan catatan hari Senin dan Jum’at memiliki biaya total yang
lebih tinggi.
Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan loket 1 pada Kantor Kecamatan Cibinong
dapat melakakukan evaluasi, menambah dengan 2 loket setiap harinya untuk menekan biaya
menunggu pengunjung.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Single Channel Multiple Phase