Abstract:
Anisa Zulfiana. 021116136. Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Pada PT Mega Elektronik
Cabang Depok. Skripsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Oktori Zaini Kiswati
Dan Anggota Komisi Pembimbing Bayu Dwi Prasetyo. Tahun 2021.
Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi penjualan tergantung dengan sistem atau bisnis proses
yang yang dijalankan, apakah berjalan dengan baik atau sebaliknya. Untuk mendapatkan laba
(keuntungan) perusahaan harus mampu meningkatkan daya saing, dan meminimalkan biaya produk
yang besar akan menggambarkan suatu perusahaan tersebut dapat bertahan hidup yang lebih lama.
Melihat kondisi persaingan yang semakin tajam menyebabkan setiap perusahaan harus berlomba
memberikan kemudahan dalam persyaratan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari berubahnya syarat
pembayaran, perusahaan yang semula menjual produknya dengan cara cash atau tunai kemudian
merubahnya dengan cara kredit. Tujuannya antara lain adalah untuk meningkatkan volume penjualan,
meningkatkan laba serta untuk memenuhi syarat persaingan barang dan jasa.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor kepuasan yang paling dominan pada konsumen PT
Mega Elektronik Cabang Depok dalam berbelanja produk elektronik. Jenis penelitian ini adalah
Deskriptif (Eksploratif) dengan menggunakan metode penelitian Explanatory Survey. Metode
penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel tidak berpeluang ( non probability
sampling) dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah
deskriptif. Faktor-faktor kepuasan konsumen dalam penelitian ini meliputi faktor kualitas pelayanan,
faktor kualitas produk dan faktor harga. Berdasarkan hasil dari tanggapan responden mengenai
variabel faktor kualitas pelayanan pada PT mega Elektronik Cabang Depok menunjukan hasil nilai
rata-rata sebesar 76,72% yang menunjukan bahwa faktor kualitas pelayanan yang diberikan
berdasarkan jawaban responden adalah baik, sedangkan hasil analisis pada faktor kualitas produk
menyatakan bahwa faktor kualitas produk pada PT Mega Elektronik Cabang Depok menunjukan hasil
nilai rata-rata sebesar 80,02% hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada PT
Mega Elektronik berdasarkan jawaban konsumen adalah sangat baik, Sedangkan untuk jawaban
responden mengenai faktor harga menyatakan bahwa hasil nilai rata-rata sebesar 82,55% dan
konsumen menyatakan baik terhadap harga setiap produk yang dijual oleh PT Mega Elektronik.
Berdasarkan hasil analisis pada tingkat kepuasan konsumen menyatakan bahwa tingkat kepuasan
konsumen tertinggi diperoleh pada faktor harga, kedua pada kualitas produk dan ketiga pada faktor
kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen, Elektronik