Abstract:
Andri Dwi Priyanto. 021117088. Strategi Pengembangan Pasar Produk Kearifan Lokal Tauco
Cap Meong Kabupaten Cianjur: FREDI ANDRIA dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2021.
Kabupaten Cianjur merupakan sebuah wilayah yang yang menghubungkan antara
Jakarta dan Bandung. Pembukaan akses jalan tol Cipularang pada tahun 2005 mengakibatkan
menurunnya para pelaku usaha produk tauco. Sistem pemasaran yang masih memprioritaskan
sistem konvensional dan berkurangnya minat masyarakat mengakibatkan pendapatan terhadap
para pemilik usaha tauco menurun drastis yang membuat para pelaku usaha tauco lebih
memilih bidang usaha lain. Tauco Cap Meong merupakan salah satu usaha tauco tertua dan
pertama di Kabupaten Cianjur yang masih bertahan sampai saat ini dan dikelola secara turun
temurun hingga mencapai generasi keempat. Kunci dari bertahannya usaha ini adalah menjaga
kualitas produk dan pelayanan yang baik terhadap para pelanggannya. Tahun 2020 merupakan
tahun dimana bisnis Tauco Cap Meong terhambat akibat pandemi. Pemasaran Tauco Cap
Meong yang masih memprioritaskan sistem konvensional karena letak outlet yang sangat
strategis kini mengalami penurunan penjualan akibat wabah pandemi tersebut. Tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi bagaimana faktor internal pada usaha Tauco
Cap Meong di Kabupaten Cianjur. (2) Untuk mengidentifikasi bagaimana faktor eksternal
pada usaha Tauco Cap Meong di Kabupaten Cianjur. (3) Untuk menganalisis bagaimana
strategi pengembangan pasar yang harus dilakukan oleh usaha Tauco Cap Meong dalam
memaksimalkan sistem pemasaran sehingga bisa meningkatkan penjualan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel dipilih dengan metode
judgement sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif. Metode
analisis data menggunakan SWOT dan Analythical Hierarchy Process.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa IFAS adalah 3,36 dan EFAS adalah 3,37
sehingga perusahaan berada pada kuadran I pada matrik IFAS dan EFAS dengan saran
penggunaan strategi intensif yang meliputi: strategi penetrasi pasar, pengembangan produk
dan pengembangan pasar. Pembobotan dengan menggunakan metode AHP menunjukkan
bahwa strategi yang paling tinggi nilai nya adalah strategi (WO) yaitu: (0,300), jika
dibandingkan dengan strategi yang lain yakni (ST) (0,267), (SO) (0,221), (WT) (0,212),)
sehingga dipilih strategi (WO) yakni: Memaksimalkan media online seperti facebook,
instagram, platform e-commerce dengan desain dan tulisan yang menarik, meningkatkan
kualitas dan kuantitas produk Tauco Cap Meong, penambahan modal usaha dari investor
ataupun bank, menciptakan varians baru baik dari rasa maupun desain untuk produk Tauco
Cap Meong tersebut, memanfaatkan teknologi modern dalam memproduksi produk Tauco Cap
Meong.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pasar, SWOT, AHP.