Abstract:
Muhammad Rizal. NPM 021117196. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan
Efisiensi Pelayanan Pada PT. Setia Anugerah Motor. Skripsi Prodi Manajemen Konsentrasi
Manajemen Operasinal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di Bawah
Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Jaenudin dan Anggota Komisi Pembimbing Tutus
Rully. Tahun 2021
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah dengan penambahan fasilitas
pelayanan dapat mengurangi waktu menunggu pelayanan pada PT. Setia Anugerah Motor.
Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem antrian yang optimal untuk
meningkatkan efisiensi pelayanan di PT. Setia Anugerah Motor.
Penelitian mengenai sistem antrian dan Efisiensi pelayanan pada PT. Setia Anugerah
Motor dengan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dekskriptif
eksporatif dan menggunakan metode pengolahan dan analisis data adalah Analisis
deskriptif dengan tujuan menggambarkan lebih mendalam mengenai sistem antrian yang
diterapkan di PT. Setia Anugerah Motor kemudian analisis kuantitatif dengan menggunakan
analisis sistem antrian menggunakan perhitungan model antrian Multi Channel-Single
Phase dan analisis biaya dengan perhitungan biaya pelayanan dan biaya menunggu.
Berdasarkan hasil perhitungan data menggunakan analisis antrian untuk
mengoperasikan jumlah Fasilitas yang tepat guna mengefisiensikan pelayanan pada PT.
Setia Anugerah Motor. Setelah dilakukan simulasi sistem antrian dengan melihat total biaya
yang lebih rendah dan jumlah fasilitas pelayanan dengan hasil seperti berikut hari ramai
(sabtu) dengan 3 fasilitas menghasilkan total biaya sebesar Rp 149.640,-, 4 fasilitas sebesar
Rp 144,671,-, dan 5 fasilitas sebesar Rp 176.812,-. Untuk hari sepi (rabu) dengan
menggunakan 3 fasilitas menghasilkan total biaya sebesar Rp 142.890,-, 4 fasilitas sebesar
Rp 140.977,- dan 5 fasilitas sebesar Rp 173.960,-. Jadi dapat disimpulkan bahwa
penambahan fasilitas pelayanan itu berpengaruh pada efisiensi pelayanan PT. Setia
Anugerah Motor. Saran yang diberikan oleh penulis adalah dengan menambah fasilitas
pelayanan menjadi 4 fasilitas pada hari ramai (sabtu) dan hari sepi (rabu) karena dapat
dilihat waktu menunggu pelanggan berkurang walaupun biaya pelayanan meningkat.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Multi Channel-Single Phase