Abstract:
ISABELLA ZIJAL USMAN. 021117005. Analisis Strategi Pemasaran PT. FIFGroup
Unit Tibawa di masa Pandemi Covid. Dibawah bimbingan : OKTORI K. ZAINI dan FREDI
ANDRIA. 2021.
Pandemi Covid yang melanda hampir di seluruh dunia mengakibatkan sendi-sendi
kehidupan seperti pendidikan dan perekonomian mengalami kelumpuhan yangberakibat
sekolah-sekolah ditutup serta perusahaan-perusahaan banyak yangmengurangi aktivitas
produksi dan bahkan tidak sedikit yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Perusahaan besar, menengah, dan kecil yang masih mampubertahan melakukan beberapa
langkah konkrit agar hasil produksinya tetap dapatdipasarkan. Langkah tersebut juga
dilakukan oleh PT. FIF Group Unit Tibawa. Tujuan dari penelitian ini yaitu
mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran
PT. FIF Group, merumuskan berbagai strategi pemasaran yang sebaiknya diterapkan PT.
FIF Group Unit Tibawa, dan mengkaji alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan
untuk diimplementasikan PT FIF Group Unit Tibawa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif ekplanatori
dengan metode penarikan sampel judgement sampling expert.Metode analisis yang
digunakan adalah IFE, EFE, SWOT dan QSPM.
Hasil penelitian menggunakan matriks SWOT, ditemukan 4 strategi alternatifyang dapat
dijalankan oleh PT. FIF Group Unit Tibawa. Keempat strategi alternatiftersebut adalah
peningkatan kualitas pelayanan perusahaan kepada konsumen dengan dilengkapikemudahan
akses bagi konsumen maupun karyawan untuk bertransaksi secaradigital, memperbarui
sistem manajemen perusahaan untuk mengikuti perkembangan saatini, optimalisasi dan
Revitalisasi pembangunan dan aset perusahaan untuk kenyamanan karyawan dan konsumen,
dan melakukan penyuluhan bagi para karyawan untuk merubah mindset, mengenaikualitas
pelayanan dan promosi untuk menarik minat konsumen. Strategi prioritas berdasarkan
alternatif strategi yang disarankan oleh SWOT matriks strategi dengan pembobotan
menggunakan metode QSPM yakni memperbarui sistem manajemen perusahaan untuk
mengikuti perkembangan saat ini.
Kata kunci : Strategi pemasaran, Alternative Strategi, IFE, EFE, SWOT, QSPM