Abstract:
Dea Aprilia. NPM 021116423. Peran Etnosentrisme Dalam Mempengaruhi Minat Beli
Produk Mi Samyang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Skrispsi Prodi Manajemen
Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Di bawah Bimbingan
Ketua Komisi Pembimbing Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing Bayu Dwi
Prastyo. Tahun 2021.
Indonesia tidak hanya memiliki makanan khas, tetapi juga memiliki jenis makanan lainnya
salah satunya adalah Mi. Mi adalah makanan umum yang dapat dinikmati dimana saja dan kapan saja
harganya bisa dijangkau oleh setiap kalangan dan memiliki banyak varian rasa. Kecenderungan
masyarakat Indonesia mengkonsumsi Mi instant menjadi peluang besar untuk para investor dalam
memanfaatkan kesempatan tersebut, Tahun 2015-an, muncul trend makanan yang tiba-tiba viral di
Indonesia, terutama di kalangan pecinta K-Pop dan dikalangan vlogger, yaitu Mi instant asal korea
dan yang pertama masuk adalah Mi Samyang. Kemunculan Samsyang tersebut menjadi fenomena
unik sampai dibuat tantangan yaitu Samyang Challenge. Tantangannya sederhana, hanya dengan
makan sebungkus Mi instan bermerek Samyang dengan rasa spicy chicken. salah satu variabel yang
mempengaruhi minat pembelian merek lokal adalah ethnocentrisme.
Penekitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etnosentrisme memiliki peran dalam
mempengaruhi minat beli pada mahasiswa Universitas Pakuan. Jenis penelitian yang digunakan
peneliti adalah verifikatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory survey yang bertujuan
untuk menguji hipotesis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan
kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penarikan sampel ini adalah metode Nonprobability
sampling. Nonprobability sampling. metode analisis yang digunakan adalah regresi sedehana dan uji
determinasi rsquare untuk membuktikan apakah etnosentrisme memiliki peranan dalam mempengaruhi
minat beli mahasiswa Universitas Pakuan terhadap produk Mi Samyang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap etnosentrisme mahasiswa baik, minat beli
mahasiswa Universitas Pakuan terhadap produk mi Instant Samyang tinggi, Hasil analisis tabulasi
menunjukan bahwa pada saat mahasiswa memiliki sikap etnosentrisme yang tinggi maka minat beli
terhadap produk luar negeri menjadi rendah akan tetapi pada saat mahasiswa memiliiki sikap
etnosentrisme yang rendah maka minat beli terhadap produk luar negeri menjadi tinggi oleh karena itu
etnosentrisme memiliki peranan yang penting dalem mengetahui kecenderungan seseorang terhadap
produk laur atau dalam negeri, Mahasiswa menyadari bahwa semakin hari semakin marak, trend
budaya Korea dikalangan mahasiswa yang menjadikan mahasiswa mengikuti budaya tersebut dengan
cara mengikuti kehidupannya. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah mahasiswa harus
menjadi contoh yang baik dalam memilih dan mengkonsumsi produk dan tidak terbawa arus
globalisasi.
Kata Kunci : Etnosentrisme, Minat Beli