Abstract:
RISA EKALIA NPM 021116100. Analisis Strategi Pemasaran Produk Rchip nanabanana
pada Home Industri di Kec. Suka Raja, Bogor (studi kasus pada Rchip nanabanana). Skripsi.
Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Pakuan. Dibawah bimbingan OKTORI KISWATI Z dan YETTY HUSNUL HAYATI. 2021.
Membeli makanan jadi atau makanan kemasan sekarang ini sudah menjadi gaya hidup di
kalangan masyarakat. Dilihat dari pengeluaran per kapita sebulan masyarakat Indonesia
didominasi oleh makanan dan minuman jadi. Hal tersebut dapat menjadi potensi bagi perusahaan
makanan jadi di Indonesia untuk berkembang dan memaksimalkan potensi pasar. Tetapi nyatanya
yang dialami Rchip nanabanana adalah penurunan omset penjualan dari Tahun 2019-2020,
sedangkan pesaing semakin berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan strategi
pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dari Rchip nanabanana.
Adapun maksud dan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui variabel-variabel yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknrsses),
peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada Rchip nanabanana dan mengetahui penerapan
strategi pemasaran yang di lakukan oleh Rchip nanabanana dalam meningkatkan penjualan.
Lokasi penelitian Rchip nanabanana yaitu beralamat di Kampung Kebun Kelapa RT 04 RW 04
Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif
berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Rchip nanabanana Adapun metode
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data
sekundaer dari berbagai literature. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks IFE, Matriks EFE,
dan Matriks SWOT.
Hasil dari analisis strategi pemasaran Rchip nanabanana Berdasarkan tabel matriks IFE,
skor bobot tertotal dari hasil analisis kekuatan dan kelemahan adalah sebesar 2,978. Dari total skor
tersebut dapat dilihat dari faktor kekuatan nilai yang tertinggi adalah menggunakan bahan dasar
pisang kapok pilihan untuk menjaga kualitas produk sebesar 0.527. Sedangkan dari faktor
kelemahan nilai yang tertinggi adalah Belum mimiliki legalitas usaha dengan skor sebesar 0.790.
Maka dari itu, Rchip nanabanana harus mampu tetap menjaga kualitas bahan dasar pisang kapok
pilihan dan segera mengusahan legalitas produk. Berdasarkan tabel matriks EFE, skor bobot
tertotal dari hasil analisis peluang dan ancaman adalah sebesar 3,452. Dari total skor tersebut dapat
dilihat dari faktor peluang nilai yang tertinggi adalah memanfaatkan sosial media sebagai sarana
promosi dengan nilai 0,6324 sedangkan pada faktor ancaman nilai tertinggi adalah produk mudah
ditiru dengan nilainya adalah 0,7511. Maka dari itu Rchip nanabanana harus bisa memanfaatkan
sosial media sebagai sarana promosi untuk menjangkau konsumen lebih luas dan harus mampu
mengeluarkan produk yang inovatif serta harus mampu bersaing dengan produk yang sejenis.
Berdasarkan diagram analisis SWOT yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan
pearce dan Robins, Spot strategi kelayakan usaha Rchip nanabanana berada pada point (-0,8;6).
Pada diagram ini menggambarkan sebuah organisasi yang lemah namun berpeluang untuk bangkit.
Alternatif strategi yang disarankan adalah strategi berbenah, artinya kondisi internal berpeluang
untuk mengembalikan kondisi perusahaan dari penurunan prestasi apabila berhasil berbenah atau
mengevaluasi strategi dengan baik dan benar maka perusahaan akan kembali dalam kondisi
berlaba.Beberapa strategi berbenah yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki SDM yang
ada di dalam organisasi. Kemudian mengevaluasi strategi pemasaran, seperti membuka market
place di shopee, melakukan promosi di google bisnis, meadakan giveway, meningkatkan jumlah
reseller dan segera mengusahakan legalitas produk agar lebih mudah dalam pemasaran Rchip
nanabanana.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran. IFE. EFE. dan SWOT