Abstract:
Savira Amarandha, 0211 15 405, Program Studi Manajemen Pemasaran, Analisis Persepsi
Konsumen Terhadap Citra Merek Pada Klinik Kecantikan Impression Body Care Center Di
Jakarta, Pembimbing: Oktori Kiswati dan Nizam Andrianto, 2021.
Kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi tingkat kedatangan konsumen di
Impression Body Care Center, karena pendapatan terbesar klinik berasal dari kunjungan
konsumen yang melakukan perawatan. Tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen terhadap
pelayanan klinik impression akan berdampak langsung pada keinginan konsumen untuk
menggunakan kembali jasa klinik di kemudian hari. Jumlah pengunjung pada Klinik
Kecantikan Impression Body Care Center Jakarta dari tahun 2017 sampai dengan 2019
mengalami peningkatan dan pada tahun 2020 mengalami penurunan. Sedangkan persentase
keluhan pengunjung dari tahun 2017-2019 mengalami penurunan dan pada tahun 2020
keluhan meningkat dari 1,99% pada tahun 2019 menjadi 3,44% pada tahun 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen dengan citra merek
pada Klinik Kecantikan Impression Body Care Center Jakarta. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif eksplorasi. yang
menggunakan data primer dan sekunder, Guna menentukan sampel penelitian digunakan
teknik pengambilan sampel Accidental Sampling jumlah sampel 40 orang ditentukan
dengan cara kuota yaitu menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri
tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Persepsi Konsumen pada Klinik
Kecantikan Impression Body Care Center Jakarta adalah Sangat Baik terlihat dari rata-rata
total skor sebesar 168 yang termasuk dalam rentang 168-200 dengan kriteria penilaian
Sangat Baik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan sangat baik dari responden
mengenai indikator Daya Tahan (Durability) dengan rata-rata total skor sebesar 172,
indikator Kinerja Produk (Performance) sebesar 171, dan indikator Fitur Produk (Feature)
sebesar 171, sedangkan nilai rata-rata responden paling terkecil adalah indikator Keindahan
Tampilan Produk (Aesthetic) yaitu diperoleh nilai rata-rata total skor sebesar 163. Citra
Merek Klinik Kecantikan Impression Body Care Center Jakarta adalah Baik yaitu dengan
skor rata-rata sebesar 159 yang termasuk dalam rentang 136-167 dengan kriteria penilaian
Baik, dimana ditunjukkan bahwa indikator Citra Pembuat dalam kategori baik terlihat dari
rata-rata total skor sebesar 160 dan indikator Citra Produk sebesar 160, sedangkan nilai ratarata tanggapan responden yang paling terkecil adalah indikator Citra Pemakai yaitu diperoleh
nilai rata-rata total skor sebesar 156. Persepsi Konsumen termasuk dalam kriteria Sangat
Baik, sedangkan untuk Citra Merek termasuk dalam kriteria Baik. Hal ini menunjukkan
bahwa Persepsi Konsumen dapat mempengaruhi Citra merek, dimana nilai rata-rata Persepsi
Konsumen dapat meningkatkan atau menurunkan nilai rata-rata Citra Merek, sehingga dapat
menentukan peningkatan Citra Merek di masa yang akan datang.
Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Citra Merek