Abstract:
Faisal Nur Abidin. 021115598. Penerapan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan
Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus: UMKM Milik Bapak Kardani
Citeureup). Skripsi Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan. Ketua Komisi Pembimbing Sri Hartini, Anggota
Komisi Pembimbing Arie Wibowo 2021
Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global ke arah resesi
ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif
atau kontraksi. Perekonomian nasional sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II
tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Salah satu sektor yang sangat terpukul
oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang juga
menggerek turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM
mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis kanvas pada UMKM Tempe
milik Bapak Kardani, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif (eksploratif) dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yaitu
menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk pengolahan data menggunakan analisis
deskriptif, dan analisis model kanvas dengan menggunakan sembilan element.
Hasil penelitian menunjukan bahawa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
business model canvas yang sudah ada sudah cukup baik, akan tetapi agar lebih optimal dan
dapat bersaing di tengah pertumbuhan pengrajin tempe di Kabupaten Bogor khsusunya di
Blok Tempe Citeureup maka UMKM tempe milik Bapak Kardani perlu melakukan
formulasi strategi baru dengan mengaplikasian beberapa formulasi baru dari hasil penelitian
ini seperti peningkatan pada aspek customer segment, value proposition, key resources dan
revenues stream. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah mendaftrakan
diri menjadi mitra goshop di aplikasi Gojek dan menjadi mitra grabmart pada aplikasi Grab
untuk menjangkau lebih banyak customer pengguna aplikasi transportasi online.
Kata Kunci : Bisnis Model Kamvas, UMKM Tempe