Abstract:
Abdurohim. 021114063. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
PT Multi Optimal Roda Internusa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan.
Di bawah bimbingan Oktori Kiswati Zaini dan Doni Wihartika Tahun 2021.
Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pemasaran,
sebaliknya kekecewaan pelanggan dalam memberi layanan bisa menjadikan kehancuran
perusahaan di masa mendatang. Dalam pasar yang tingkat persaingannya cukup tinggi,
kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan saling berhubungan, yang artinya bila ada usaha
dari perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pada pelanggan pelanggan juga akan
meningkat begitu pula sebaliknya bila perusahaan atau badan usaha menurunkan kepuasan
pada pelanggan maka secara otomatis kepuasan pelanggan juga akan menurun. Adapun
masalah yang dihadapi Adanya peningkatan keluhan pelanggan Yang mengidikasikan
adanya ketidak puasan pelanggan PT. Multi Optimal Roda Internusa. Tujuan penelitian ini
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Multi Optimal Roda
Internusa.
Jenis penelitian ini adalah verifikatif dimana peneliti menganalisa pengaruh antar
variabel independent dan dependent. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory
Survey yaitu, metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis, yang umumnya merupakan
penelitian yang menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan variabel independent dan
dependent. unit analisis, dan wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang,
dan Bekasi) adalah lokasi penelitian.
Melalui hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai r sebesar 0.471 maka
artinya terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan (variable X) dengan
kepuasaan konsumen (variable Y). Hasil koefisien determinasi R sebesar 22.2%.Hal ini
menunjukan bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi sebesar 22.2% sedangkan
77.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain,dan hasil uji hipotesis koefisien korelasi
menunjukan bahwa nilai t hitung>t tabel (6.495 > 1.655) maka Ha diterima dan Ho ditolak,
jadi dapat dijabarkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasaan
konsumen pada PT. Multi Optimal Roda Internusa
Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan