Abstract:
ARIF IBRAHIM. NPM 021116244.Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Grab Bike di Kota Sukabumi. Skripsi Prodi Manajemen Konsentrasi
Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dibawah Bimbingan
: YETTY HUSNUL dan NIZAM N ANDRIANTO. Tahun 2021.
Dunia pemasaran saat ini semakin berkembang, seiring berkembangnya waktu teknologi
pun makin sangat baik pemanfaatan nya. Kecanggihan teknologi dan meningkatnya edukasi
mengenai pemasaran, semakin mempercepat dan memacu para pelaku bisnis dalam melakukan
inovasi pengembangan strategi untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan harapan konsumen.
Dengan demikian Grab atau yang sebelumnya dikenal sebagai Grab Taxi adalah sebuah
perusahaan yang berasal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di
enam negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan
Filipina. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian dan Grab bike di Asia
Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna kendaraan
seantero Asia Tenggara. Namun pada hasil penjumlahan data pengunduhan Grab selalu tertinggal
oleh kompetitor dari setiap tahunnya, dan hasil pra survey Grab dinilai juga kurang baik,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembelian konsumen grab bike di kota sukabumi
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembelian konsumen grab bike di kota sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,
dengan responden dalam penelitian ini adalah konsumen grab bike kota Sukabumi, pemilihan
responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total responden 100 responden
dimana berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin, pengumpulan data dilakukan melalui
kuesioner dan wawancara serta pengolahan data dilakukan dengan tabulasi dan skoring untuk
metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, Rank Spearman, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata tanggapan responden
mengenai kualitas pelayanan terhadap konsumen Grab sebesar 72,77% dimana persentase
tersebut ada pada kategori 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas
pelayanan terhadap konsumen Grab baik. Kemudian hasil rata-rata tanggapan responden
mengenai keputusan pembelian terhadap keputusan terhadap konsumen Grab sebesar 79.84%
dimana persentase tersebut ada pada kategori 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa
keputusan pembelian konsumen Grab baik. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.666 yang artinya
tingkat kekuatan hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian
memiliki hubungan yang kuat, dan dari hasil pengujian diperoleh nilai sig sebesar 0.000 lebih
kecil dari taraf nyata yang digunakan (1-tailed) 0.000 < dari 0.01 hal ini membuktikan adanya
hubungan yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian