Abstract:
DEVY FEBRIAN ADHISTY 021117232. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Daya Saing Hotel Bahtera Pelni Resort And Convention Cipayung Kabupaten Bogor. Di
bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan SALMAH .2022
Perkembangan suatu bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena yang
sangat menarik untuk dibahas, utamanya mengenai bisnis industri pariwisata khususnya
perhotelan. Pesatnya pertumbuhan bisnis hotel mengakibatkan tingkat persaingan hotel
sangat tinggi, sehingga industri perhotelan akan semakin memperkuat strateginya dalam
memasarkan hotelnya agar dapat unggul dan dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya.
Melihat kondisi saat ini para kompetitor Hotel Bahtera yang semakin banyak dapat menjadi
suatu ancaman. Hotel Bahtera yang lokasinya tepat berada di daerah pariwisata, harus lebih
meningkatkan kekuatan dalam daya saingnya dan menerapkan atau mempersiapkan strategi
pemasaran yang lebih unggul dari para pesaingnya. Akibat adanya pandemi Covid-19 yang
belum usai sampai saat ini, menyebabkan Hotel Bahtera mengalami kerugian besar seperti
menurunnya tingkat pendapatan (total revenue) dan occupancy. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal Hotel Bahtera Pelni Resort and
Convention, menganalisis tingkat persaingan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention
dan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam
meningkatkan daya saing di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Penelitian ini
dilakukan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention Cipayung Kabupaten Bogor.
Sampel yang digunakan peneliti ini sebanyak 4 orang, sampel dipilih dengan metode
judgement sampling. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif eksploratif. Metode
pengelolahan data yang digunakan adalah IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pada matriks IFE adalah 3,337 dan EFE 3,407 sehingga jika dipetakan
pada matriks IE menunjukan posisi Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention berada pada
kuadran I (Grow and Build) dengan saran menggunakan strategi intensif yaitu penetrasi
pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Strategi penetrasi pasar menjadi
strategi yang diprioritaskan untuk Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Maka dari itu
strategi yang dapat dilakukan oleh Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention untuk
meningkatkan pemasaran Hotel Bahtera tertuang dalam matriks SWOT yaitu strategi SO,
WO dan ST yaitu, Hotel Bahtera harus dapat mengembangkan dan meningkatkan promosi
yang gencar juga lebih menarik, baik secara online seperti instagram dan youtube dengan
memperlihatkan pula fasilitas-fasilitas yang tersedia di Hotel Bahtera Pelni Resort and
Convention, selain itu melakukan promosi secara offline seperti menggunakan baliho atau
brosur sebagai alat promosi.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, IFE, EFE, IE, dan SWOT