Abstract:
REZKI DWI KARTINI SUKRIA. 021118303. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan
Kepuasan Pengguna Jasa BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah Depok. Di bawah
bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2022.
BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah merupakan salah satu lembaga pendidikan
anak usia dini non formal yang berada di kota Depok, Jawa Barat dan di bawah
naungan Yayasan Pendidikan Anak Indonesia. Dalam penelitian ini jumlah murid
yang terdaftar di BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah mengalami penurunan. Penyebab
terjadinya penurunan jumlah murid tersebut akibat adanya ketidakpuasan mengenai
pelayanan yang diberikan sehingga masih terdapat keluhan dari pengguna jasa
BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di BIMBAAIUEO Pabuaran Indah, untuk menganalisis kepuasan pengguna jasa BIMBA-AIUEO
Pabuaran Indah dan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan
kepuasan pengguna jasa BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, dengan responden para
orang tua murid di BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah Depok. Pemilihan responden
dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan
pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif,
analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis koefisien korelasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara kualitas
pelayanan dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,647 artinya memiliki hubungan yang
kuat dan positif. Nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh R Square yaitu sebesar
41,86% yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat mempengaruhi naik
turunnya kepuasan pengguna jasa BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah sebesar 41,86%.
Sedangkan 58,14% dipengaruhi oleh faktor selain kualitas pelayanan. Hasil uji
hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (8,400 > 1,98) dan
nilai sig < α (0,000 < 0,025), maka terima Ha dan tolak Ho. Artinya terdapat hubungan
antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna jasa BIMBA-AIUEO Pabuaran
Indah.
Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan