Abstract:
SALWA FATHIYAH, NPM 0211 18 197. Analisis Strategi Pemasaran
Pada Platform Crowdfunding Aksi Cepat Tanggap. Di bawah bimbingan : SRI
HARTINI dan HASRUL. 2023.
Potensi filantropi dari penggalangan dana di Indonesia mencapai Rp 300
triliun pertahunnya dengan nilai rata-rata perdonasi digital periode 2020 terpantau
meningkat sebesar 72%. Peningkatan tersebut searah dengan capaian donasi pada
platform crowdfunding Aksi Cepat Tanggap pada periode yang sama yaitu
meningkat sebesar 49%. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal pemasaran Aksi Cepat Tanggap pada masa pandemic Covid 19, mengetahui strategi SWOT yang diterapkan Aksi Cepat Tanggap serta
merumuskan alternatif strategi yang dapat berpotensi mengoptimalkan pemasaran
Aksi Cepat Tanggap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel dipilih dengan
metode judgement sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksploratif. Metode analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan
QSPM.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aksi Cepat Tanggap berada
pada kuadran IV yang berarti Aksi Cepat Tanggap sedang dalam kondisi
menghadapi berbagai ancaman namun memiliki kekuatan internal. Aksi Cepat
Tanggap disarankan untuk menggunakan strategi diversivikasi sambil terus
berupaya membenahi diri. Alternatif strategi dengan Total Attractiveness Score
(TAS) tertinggi sebesar 5,75 adalah strategi (ST) yakni memperbarui sistem
pemasaran untuk mengikuti perkembangan seperti membuat aplikasi di Playstore.