Abstract:
ANTIKA NABILA. 021118003. Dampak Brand Image 3 TOP Marketplace
Terhadap Repurchase Intention dan Keterlibatan Celebrity Endorser. Di bawah
bimbingan: FREDI ANDRIA dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2022.
Tokopedia, Shopee dan Lazada adalah marketplace yang memasuki 3 TOP
Brand di Indonesia berdasarkan dari nilai tranksaksi dan TOP Index Indonesia. 3
TOP marketplace ini sering kali menggunakan endorser untuk promosi. Fenomena
tersebut terdapat banyak iklan yang berkolaborasi dengan artis yang disukai oleh
orang Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak
brand image 3 TOP marketplace terhadap repurchase intention dan keterlibatan
celebrity endorser.
Penelitian ini merupakan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan
responden para pengguna e-commerce di kota Bogor. Pemilihan responden dilakukan
dengan 2 metode sampling yaitu propotional sampling dengan total secara global
sebanyak 100 responden, kemudian peneliti menentuan sampel di setiap wilayah
Bogor menggunakan metode cluster sampling dan untuk memenuhi kriteria jumlah
sampling peneliti menggunakan teknik Quota Sampling. Pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis menggunakan SEM PLS.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dampak Brand image 3 TOP
Marketplace terhadap Repurchase Intention dan Keterlibatan Celebrity Endoser
adalah sebesar 62.6% dikategorikan substansial, dan sisanya (100-62.6%) 37.4%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Artinya
popularitas celebrity Endorser dengan brand image menunjukan bahwa adanya
interaksi. Hal itu mengungkapkan adanya sifat hubungan simbolis antara Brand
Image dengan budaya populer.