Abstract:
Risti Dwi Jayanti. 021117155. Hubungan Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan
Pembelian di Tokopedia (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pakuan Bogor). Di bawah bimbingan: Hari Muharram dan Salmah. 2022.
Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini tumbuh semakin cepat,
kemajuan teknologi yang semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap
sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dengan kemunculan e-commerce sebagai media
transaksi baru tentunya sangat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun
pihak produsen dan penjual (retailer). Perkembangan e-commerce ditandai dengan munculnya
marketplace. Di Indonesia, ada banyak jenis marketplace antara lain Shopee, Tokopedia, Buka
Lapak, dan lain sebagainya. Salah satu marketplace yang popular di Indonesia saat ini adalah
Tokopedia.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan
metode penelitian studi kasus dan survei. Penulis menggunakan Teknik penelitian kuantitatif
karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistic untuk mengolah hasil
kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan Teknik
purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan
menggunakan software SPSS 25.0.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kepercayaan mempunyai hubungan
yang signifikan terhadap keputusan pembelian yang mempunyai nilai signifikan < 0,005.
Promosi (X1) dengan variabel keputusan pembelian (Y) Berdasarkan hitungan yang ada di
SPSS maka diperoleh korelasi sebesar 0.285 yang berarti rendah. Dan sementara
mengindikasikan pola hubungan antara variabel promosi dengan keputusan pembelian adalah
searah (Semakin tinggi variabel produk maka semakin tinggi pula variabel keputusan
pembelian). Perolehan nilai signifikansi = 0,04 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan
yang terjadi adalah segnifikan. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel kepercayaan (X2)
dengan variabel keputusan pembelian (Y) yang berdasarkan dengan hitungan SPSS di atas
maka diperoleh korelasi sebesar 0.685 yang berarti kuat. Dan sementara mengindikasikan pola
hubungan antara variabel kepercayaan dengan keputusan pembelian adalah searah (Semakin
tinggi variabel kepercayaan maka semakin tinggi pula variabel keputusan pembelian).
Perolehan nilai signifikansi = 0,00 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi
adalah segnifikan.
Kata kunci: Promosi, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian