Abstract:
Tini Suhartini. NPM 021115409. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan
Penjualan Pada Rahayu Florist Jakarta. Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing.
Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing . Salmah 2022.
Indonesia mengalami Pandemi Covid-19 dimulai pada Maret 2020, Tingginya ketidakpastian
saat pandemi Covid-19 berdampak pada kondisi dunia usaha di tanah air. Hal ini membuat
semua sektor usaha harus melakukan berbagai perubahan terobosan yang inovatif untuk bisa
bertahan. Perusahaan pun harus membuat keputusan yang tepat merombak strategi, agar roda
bisnis bisa berjalan yang berlandaskan pada situasi ekonomi baru di 2021. Direktur Eksekutif
PPM Manajemen Triono Saputro mengatakan masa pandemi ini juga membawa perubahan
sikap perusahaan agar menjadi lebih efisien. Beberapa perusahaan sepakat untuk
meningkatkan rasa kehati-hatian dalam berinvestasi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan usaha Rahayu Florsit yang mengalami
penurunan penjualan, dan ingin melakukan pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif (eksploratif)
dengan menggunakan metode studi kasus, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif
dan data kuantitatif, sumber data penelitiannya adalah sumber data primer dan sekuder,
Jumlah narasumber yang dilibatkan yaitu 5 orang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa strategi yang perlu dilakukan oleh Rahayu Florist
dalam meningkatkan penjualan produk-produknya yaitu dnegan memaksimalan penggunaan
tools pemasaran yang ada di sosial media, memBuat website dan aktif mengikuti kampanye
di marketplace, dengan begitu Rahayu Florist dapat meningkatkan penjualan yang lebih
maksimal.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT