Abstract:
SITI NURUL MUNA. 021118027. Strategi Pengembangan Pasar Produk Inovasi
UMKM Tauco Cookies Kabupaten Cianjur. Di bawah bimbingan FREDI ANDRIA
dan HASRUL. 2022.
UMKM Tauco Cookies mengalami penurunan penjualan pada periode 2019
sampai dengan 2021 dari 20.852 unit menjadi 6.840 unit, wabah COVID-19
berdampak pada sistem pemasaran konvensional maupun digital yang belum optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pasar yang tepat
untuk UMKM Tauco Cookies
Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Melalui
pengolahan data analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan
QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan UMKM Tauco Cookies memiliki kekuatan
utama karyawan saling menghormati dan menjaga hubungan baik, membangun
hubungan jangka panjang dengan konsumen dan pelanggan, dan pengolahan keuangan
sudah menggunakan aplikasi software excel dan pawoon. Kelemahan utama yaitu
keterbatasan modal usaha, belum mampu menarik konsumen dengan cara pemberian
diskon, dan mesin atau alat yang digunakan untuk produksi masih bersifat manual.
Peluang utama yaitu mempunyai label halal, mengoptimalkan pemasaran dengan
memanfaatkan informasi teknologi, dan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan
konsumen mempengaruhi jumlah penjualan. Ancaman utama yaitu wabah COVID- 19
berdampak pada penurunan penjualan, dan perubahan iklim dapat mempengaruhi cara
UMKM beroperasi. Sehingga diambil alternatif strategi dengan cara kerja sama
dengan pihak lain atau investor untuk menunjang proses pemasaran yang lebih gencar,
meningkatkan kualitas produk berinovasi untuk membuka segmen pasar baru untuk
anak anak, dan meningkatkan kualitas SDM yang berkompeten untuk melakukan
content marketing.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pasar, SWOT, QSPM