Abstract:
RIDAYANTI NASUTION. 021118281. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan
Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor
Indonesia). Di bawah bimbingan : HARI MUHARAM dan ADITYA PRIMA YUDHA. 2022.
Pertumbuhan pasar yang terus meningkat membuat industri Testing, Inspection, and
Certification (TIC) menjadi industri yang menguntungkan bagi penyedia jasa TIC dan
memunculkan perusahaan baru yang bersaing dalam industri ini termasuk dalam sektor mineral
dan batubara. Divisi Bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia mengalami persaingan
dengan beberapa perusahaan surveyor minerba lainnya. Penting dilakukan analisis strategi
pemasaran agar meningkatkan keunggulan bersaing dikarenakan persaingan dalam negeri yang
kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis lingkungan internal dan eksternal
divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia, (2) Menganalisis strategi
pemasaran yang tepat bagi divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia,
(3) Menganalisis posisi strategi divisi bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel
purposive sampling, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Metode
analisis data menggunakan IFE, EFE, SWOT, IE, dan BCG.
Hasil penelitian ini menunjukan EFE adalah 3,55 dan IFE adalah 3,22 sehingga matriks
IE Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara berada di kuadran I dengan strategi yang tepat
yaitu strategi intensif penetrasi dan pengembangan pasar dan matriks BCG berada pada kuadran
Dog dengan alternatif strategi yaitu strategi agresif.
Kata Kunci: TIC, SWOT, IE, BCG