Abstract:
RISKA NOVIANTI. 021118143. kreatif kayu” dengan Metode Design Thinking Dalam
Program Agile Innovation Project Based Learning”. Di bawah bimbingan : OKTORI
KISWATI ZAINI dan DONI WIHARTIKA. 2022.
Dengan berkembangnya digitalisasi membawa perubahan, tak terkecuali pada aspek
kemudahan yang ditawarkan bagi masyarakat dengan munculnya startup melalui berbagai
pilihan layanan produk ataupun jasa yang ditawarkan untuk menjawab berbagai kesulitan
dan permasalahan yang dirasakan. Perkembangan industri yang berubah menjadi serba
digital memunculkan beberapa kesulitan, terutama kesulitan para UMKM furnitur yang
berada di pasar tradisional untuk beralih ke pasar virtual dengan metode pemasaran digital
sebagai sarana memasarkan produknya. Dari pembelajaran Agile Innovation Project Based
Learning (AIPBL) di PT. Cipta Konsultan Internasional menerapkan Design Thinking yang
merupakan metode berpikir bagaimana dapat menganalisa sekaligus memahami situasi saat
ini yang serba dinamis dan penuh dengan ketidakpastian, melalui penerapan 5 poin yang
terdapat di dalam Design Thinking yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test.
Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran digital pelaku UMKM furniture
tradisional melalui solusi startup Kreatif Kayu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan responden para pelaku
UMKM furnitur dan juga pembeli furnitur secara online. Pemilihan responden dilakukan
dengan metode purposive sampling dengan total responden 13 responden. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya solusi kreatif kayu yang
dirancang dengan metode design thinking memudahkan para UMKM Furnitur dalam
memasarkan produknya secara online dan dapat memperluas pangsa pasar produk itu sendiri.
Produk yang dipasarkan diharapkan mendapat engagement yang tinggi sehingga
meningkatkan penjualan para UMKM furnitur di masa pandemi.
Kata Kunci: Pemasaran Digital, Startup kreatif kayu, Design Thinking