Abstract:
Penelitian dilakukan di PT. Surya Satjati Wisata yang bergerak dibidang usaha perjalanan umum dan jasa travel di Jakarta.
Suatu usaha bisnis ingin sukses maka harus mengelola program pemasarannya secara baik dengan cara menerapkan strategi pemasaran yang baik dan benar yang dapat menunjang perusahaan agar produknya lebih dikenal dan lebih banyak diminati oleh para konsumen. Di dalam mengantisipasi persaingan pasar, maka peranan strategi pemasaran untuk suatu produk tentunya menjadi perhatian khusus bagi suatu perusahaan, dimana kegiatan pemasaran akan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan dan target penjualan perusahaan.
Tujuan yang hendak dicapai penulis dengan mengadakan penelitian adalah pertama untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh PT. Surya Satjati Wisata, kedua untuk menentukan kebijakan suategi pemasaran berdasarkan analisa SWOT pada PT. Surya Satjati Wisata. Pada masa yang akan datang.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan kondisi internal dan ekstemal perusahaan.
Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Surya Satjati Wisata sudah berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari perkembangan pangsa pasar yang diperoleh oleh PT. Surya Satjati wisata, meskipun peningkatan yang diperoleh masih dalam kuantitas yang rendah. Pada pangsa pasar relative PT. Surya Satjati Wisata terhadap pesaing utamanya yaitu PT. Pahala Tour pada tahun 2006 adalah 0,7 % berarti pangsa pasar PT. Suwa Satjati Wisata < 1 artinya pangsa pasar PT. Surya Satjati Wisata lebih kecil dari PT. Pahala Tour, sehingga diketahui posisi perusahaan berada pada tanda tanya karena pertumbuhan pasar yang tinggi dan pangsa pasar relative yang rendah.
Maka penulis mencoba untuk memberikan saran yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan yaitu pelaksanaan strategi pada PT. Surya Satjati Wisata sudah berjalan dengan baik, tetapi sebaiknya perusahaan tetap memperhatikan keinginan konsumen karena semakin banyaknya perusahaan sejenis yang tumbuh berkembang agar tidak berpaling kepada perusahaan lain dan untuk dapat mengimbangi pasar yang tumbuh dengan cepat dan dapat meningkatkan posisi PT. Surya Satjati Wisata harus mengatasi masalah tranportasi karena selama ini masih menggunakan jasa angkutan darat sehingga dapat mengurangi pendapatan perusahaan, selain itu PT. Suwa Satjati Wisata juga harus memperbanyak perekrutan karyawan agar pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih baik.