Abstract:
NIDA ANANDA. 022118263. Analisis Perbandingan Penentuan Harga Jual Dengan Metode
Full costing Sebelum Dan Saat Covid-19 Pada Peningkatan Laba CV Fitria Cahaya Tour And
Travel. Pembimbing : Yohanes Indrayono dan Dessy Herlisnawati. 2022.
CV Fitria Cahaya Tour And Travel merupakan salah satu perusahaan yang terdampak pandemi
COVID-19, dengan adanya COVID-19 ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini
memburuk sehingga terjadi penurunan penjualan. Oleh karena itu, CV Fitria Cahaya Tour And
Travel harus mampu menentukan harga jual yang efektif. Faktanya CV Fitria Cahaya Tour and
Travel tidak memasukan keseluruhan biaya kedalam produk. Untuk mengatasi keterbatasan
tersebut metode full costing adalah solusinya. Metode full costing menghitung biaya berdasarkan
keseluruhan biaya produksi baik biaya tetap dan biaya variabel.Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis dan mengetahui relevan tidaknya penerapan harga jual dalam penentuan tarif paket
wisata pada CV Fitria Cahaya Tour And Travel dan mengetahui meningkat atau menurunnya
laba CV Fitria Cahaya Tour And Travel.
Penelitian ini dilakukan pada CV Fitria Cahaya Tour And Travel Kabupaten Tasikmalaya tahun
2019-2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 sampel dengan melihat paket dengan
penjualan terbanyak. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif (non statistik) yaitu dengan pengumpulan data atau informasi yang
diperoleh dengan cara survei. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan
menggunakan full costing.
Hasil penelitian mengungkapkan penentuan harga jual pada peningkatan laba dengan
menggunakan metode full costing mengalami peningkatan. Pada paket Yogyakarta harga jual
sebelum COVID-19 sebesar Rp829.598 dan saat covid-19 sebesar Rp831.530. Pada paket
Pangandaran harga jual sebelum COVID-19 sebesar Rp411.523 dan saat COVID-19 sebesar
Rp414.134. Paket Yogyakarta mengalami peningkatan laba sebesar Rp10.330 dan paket
Pangandaran mengalami peningkatan laba sebesar Rp17.026.
Kata Kunci: Harga jual, full costing, dan Laba