Abstract:
HASNA NABILA SYAFRITI 022118249. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Manajemen
Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri
Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Dibawah
bimbingan: MONANG SITUMORANG dan HAQI FADILLAH. 2022.
Manajemen pajak merupakan usaha menyeluruh yang dilakukan tax manager agar
hal-hal yang berhubungan dengan perpajakan dari perusahaan bisa dikelola dengan baik,
efisien serta ekonomis, sehingga memberi kontribusi maksimum bagi perusahaan. Agar tidak
menjurus kepada pelanggaran norma perpajakan ataupun penghindaran pajak. Digunakannya
tarif pajak efektif sebagai indikator adanya manajemen pajak karena tarif pajak efektif
memberikan gambaran insentif pajak dari pemerintah. Ukuran perusahaan, tingkat utang,
profitabilitas, intensitas asset tetap dan intensitas persediaan merupakan faktor yang
memengaruhi manajemen pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan
pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Utang, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap dan
Intensitas Persediaan dapat memengaruhi Manajemen Pajak pada Perusahaan Manufaktur
Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif metode explanatory
survey dengan menggunakan data sekunder. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive sampling, dari 53 populasi pada perusahaan manufaktur sektor
industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diperoleh sampel sebanyak
23 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel, dengan
menggunakan Software Statistic Eviews 10. Pengujian yang dilakukan yaitu uji pemilihan
model, analisis statistik deskriptif, analisis data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan,
profitabilitas dan intensitas persediaan berpengaruh terhadap manajemen pajak. Sedangkan
tingkat utang dan intensitas asset tetap tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak. Secara
simultan menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas,
intensitas asset tetap dan intensitas persediaan berpengaruh terhadap manajemen pajak pada
perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2016-2020.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Tingkat Utang, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap,
Intensitas Persediaan dan Manajemen Pajak