Abstract:
ATIKA JUNIARTI. 021118305. Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam Petelur (Studi
Kasus Pada Peternakan Ibu Sukinem Desa Sumbersawit Kecamatan Sidorejo Kabupaten
Magetan). Di bawah bimbingan : HARI MUHARAM dan ARIE WIBOWO IRAWAN.
2022.
Sektor peternakan menyediakan protein hewani yang penting bagi pertumbuhan dan
perkembangan tubuh manusia. Telur memiliki nilai gizi yang tinggi, mudah untuk diolahnya
dan memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan sumber protein yang lain. Seiring
dengan peningkatan jumlah penduduk, majunya perekonomian dan pembangunan di wilayah
tersebut, bisnis peternakan ini semakin berkembang dan semakin banyak orang yang
menjalankan bisnis tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi faktor
internal pada peternakan ayam petelur Ibu Sukinem (2) Untuk mengidentifikasi faktor
eksternal pada peternakan ayam petelur Ibu Sukinem (3) Untuk menganalisis strategi
pemasaran yang harus dilakukan di peternakan Ibu Sukinem. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel judgement sampling, jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Metode analisis data menggunakan IFE, EFE,
SWOT, IE. Hasil penelitian ini menunjukan EFE adalah 3,13 dan IFE adalah 2,89 sehingga
matriks IE pada peternakan ayam petelur Ibu Sukinem berada di kuadran II (Growth and
Build). Dan berdasarkan perhitungan menggunakan Matriks Space peternakan Ayam Petelur
Ibu Sukinem berada pada kuadran agresif. Pada kuadran ini strategi yang direkomendasikan
yang sesuai dengan kondisi di peternakan ayam petelur Ibu Sukinem dapat menerapkan
strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk.
Kata Kunci: Telur Ayam Petelur, IFE, EFE, SWOT, IE