Abstract:
DAFFA SEPTIAN. 021118358. Strategi Pemasaran Green Wheels Coffee pada Masa
Pandemi Covid-19. Dibawah bimbingan SRI HARTINI dan ADITYA PRIMA YUDHA.
Perkembangan bisnis coffee shop sedang meningkat yang disebabkan oleh konsumsi kopi di
masyarakat. Konsumsi kopi yang sudah menjadi tren di kalangan anak muda menjadikan
peluang yang bagus untuk memulai bisnis coffee shop. Seiring dengan perkembangan gaya
hidup masyarakat dan selera konsumen membuat semakin bertambahnya jumlah coffee shop
di kabupaten Bogor. Hasil survei pemkab Bogor jumlah UMKM kabupaten Bogor yaitu
94.633.
Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari Green
Wheels Coffee mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas,
khusus untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan dalam satu tahun terakhir,
mengetahui market trend, mengetahui tingkat persaingan, dan mengaplikasikan strategi
pemasaran yang tepat untuk Green Wheels Coffee.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif)
kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Green Wheels Coffee.
Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan
pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur.
Hasil penelitian strategi pemasaran Green Wheels Coffee menggunakan matrik IE Green
Wheels Coffee berada pada kuadran I yaitu Growth and Build yang artinya Green Wheels
Coffee sedang berada di fase tumbuh dan berkembang dalam bisnisnya. Langkah strategis
yang dapat dilakukan oleh Green Wheels Coffee adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar
dengan meningkatkan pangsa pasar melalui media sosial. Berdasarkan matriks SWOT strategi
pemasaran yang digunakan oleh Green Wheels Coffee yaitu strategi SO (Strength dan
Opportunity), langkah yang digunakan adalah melakukan penetrasi pangsa pasar seperti pada
matriks IE. Sedangkan berdasarkan matriks SPACE terletak pada kuadran aggressive. Green
Wheels Coffee berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna
memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman
eksternal.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks SPACE