Abstract:
DIAYU WICHITA 021118383. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan
Efisiensi Pelayanan Nasabah pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu. Di bawah
bimbingan TUTUS RULLY dan EKA PATRA. 2022.
Tingkat persaingan dalam sektor industri perbankan saat ini sangat tinggi,
yakni bank dituntut untuk mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungan
hidup perusahaan. Kompetisi mengarah pada tuntutan kebutuhan konsumen baik dari
kualitas maupun kuantitas yang menyebabkan dunia bisnis harus berjuang untuk
meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Kapasitas pelayanan yang tidak
sesuai dengan jumlah nasabah yang datang dapat menyebabkan antrian yang panjang
dan waktu menunggu yang lama untuk memperoleh pelayanan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan teller Bank Mandiri Cabang
Palabuhanratu yang efisien agar menghasilkan output yang optimal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif (Eksprolatif) dengan
melakukan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah
teknik penelitiaan kuantitatif dilakukan dengan melakukan analisis pada sistem
antrian yang digunakan Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu yaitu model antrian
Multi Channel - Single Phase dimana terdapat lebih dari satu teller (server) dan satu
jalur antrian dengan karakteristik antrian FCFS (First Come First Serve) adalah
pelayanan yang terlebih dahulu datang akan dilayani terlebih dahulu.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan analisis
sistem antrian untuk mengoperasikan jumlah fasilitas yang tepat guna meningkatkan
efisiensi pelayanan pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu. Setelah dilakukan
simulasi sistem antrian dengan melihat total biaya yang lebih rendah dan jumlah
fasilitas pelayanan, oleh karena itu pihak Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu
disarankan agar mengoperasikan 3 fasilitas teller setiap harinya, walaupun total biaya
meningkat, setidaknya waktu menunggu nasabah berkurang dibandingkan hanya
mengoperasikan 2 fasilitas.
Kata Kunci : Analisis Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Multi Channel - Single
Phase