Abstract:
FAHIRA AMALIA WEDHOTOMO. 021118321. Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan
Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Unit Access Service Operation (ASO) Pada Perusahaan
PT Telkom Indonesia Witel Bogor. Di bawah bimbingan EDY SUDARYANTO dan
TOWAF TOTOK IRAWAN. 2022.
Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap
kinerja unit access service operation PT Telkom Indonesia witel Bogor. Untuk mengetahui
pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja unit access service operation PT Telkom
Indonesia witel Bogor. Untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan kepasan kerja terhadap
kinerja karyawan unit access service operation PT Telkom Indonesia witel Bogor.
Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada karyawan unit access service operation PT
Telkom Indonesia witel Bogor yang berjumlah 51 Orang. Penentuan jumlah sampel yang
diambil sebagai responden dengan menggunakan Purposive Sampling, dengan demikian
sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang karyawan unit access service operation PT
Telkom Indonesia witel Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
Wawancara, daftar pertanyaan (Kuestioner), observasi dan studi dokumen. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi
berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian stres kerja secara parsial berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan unit access service operation PT Telkom Indonesia
witel Bogor dimana diperoleh hasil nilai t hitung variabel stres kerja lebih besar dari pada
nilai t tabel (-4.171 < 2,011) dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,00. Kepuasan
kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan unit
access service operation PT Telkom Indonesia witel Bogor dimana diperoleh hasil nilai t
hitung variabel kepuasan kerja lebih besar dari pada nilai t tabel (5.812 > 2,011) tingkat
signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,00.
Sedangkan hasil uji f dapat diketahui bahwa variabel Stres kerja dan kepuasan kerja
berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan unit access service operation PT
Telkom Indonesia witel Bogor, dimana nilai Fhitung 29.978 > F tabel 3,191 dengan
probabilitas 0.000 < 0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti stres kerja (X1)
dan kepuasan kerja (X2) secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada
taraf 0,05.
Besarnya R Square adalah 0.555 hal ini berarti 55,5% variabel kinerja karyawan dapat
dijelaskan dari kedua variabel stres kerja dan kepuasan kerja sedangkan sisanya (100% -
55,5% = 44,5%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian ini.
Kata Kunci: Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan