Abstract:
DICKY MAULANA HADI TAMMA. 022118221. Pengaruh Perencanaan Pajak, Leverage, dan Ukuran
Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia pada tahun 2016-2020. Dibawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan RETNO
MARTANTI ENDAH LESTARI. 2022
Manajemen Laba adalah intervensi yang dilakukan oleh manajemen dengan sengaja dalam
menentukan laba dalam laporan keuangan, dengan tujuan kepentingan pribadi agar dan kepentingan
stakeholders mendapatkan insentif perjanjian, berdampak kepada harga saham perusahaan, dan insentif
lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh perencanaan pajak,
leverage, dan ukuran perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang
terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2016-2020.
Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan maudkatur sektor industri barang
konsumsi dengan menggunakan data sekunder dan metode penarikan sampel berupa purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif,
analisis regresi data panel, dan uji hipotesis yang menggunakan E-views versi 10.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap manajemen laba. Leverage berpengaruh negatif secara signifikan terhadap
manajemen laba. Secara simultan perencanaan pajak, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh
terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Perencanaan Pajak, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba